Inabuyer B2B2G EXPO 2024: Pameran Bisnis Tempat Bertemunya Buyer dan Supplier Hadir Kembali

Rekomendasi tontonan buat sahur lo, Kawula Muda!

Inabuyer B2B2G EXPO 2024
Tue, 19 Mar 2024

Inabuyer B2B2G Expo 2024 menjadi ajang pameran B2B2G terbesar tempat berkumpulnya buyer seluruh industri.

Inisiatif ini memungkinkan para buyer atau offtaker untuk mempersingkat waktu proses pengadaan dalam menemukan produsen atau supplier yang berkualitas.

Acara ini adalah hasil kolaborasi antara Kementerian Koperasi dan UKM, Lembaga Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP), Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO), Smesco, serta diinisiasi oleh Spectindo.

Pameran ini direncanakan berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 15 hingga 17 Mei 2024, bertempat di Gedung Smesco Jakarta. 

Inabuyer B2B2G Expo 2024 dianggap sebagai keberlanjutan dari kesuksesan acara sebelumnya yang berhasil menjadi ajang strategis bagi para pelaku bisnis untuk saling berinteraksi dan berkolaborasi.

Bersamaan dengan itu, para supplier mendapatkan banyak peluang peningkatan penjualan, dengan bertemu buyer dari pemerintahan dan swasta, yang mana pada tahun lalu acara Inabuyer B2B2G Expo berhasil menghasilkan nilai potensi kerjasama hingga lebih dari 1 triliun rupiah.

Acara ini melibatkan lebih dari 200 exhibitor dari berbagai sektor, termasuk pemerintah pusat dan daerah, BUMN, BUMD, swasta, asosiasi UMKM, serta ekosistem pendukung lainnya. 

Image Caption

Inabuyer B2B2G Expo 2024 memiliki berbagai kegiatan pendukung seperti business matching, showcase produk unggulan koperasi dan merek lokal, diskusi panel, talkshow/workshop, dan live commerce.

Hal ini bertujuan untuk memberikan platform yang komprehensif bagi pelaku bisnis dalam meningkatkan penjualan, menjalin kemitraan, dan memperluas jaringan. 

Dengan dukungan dari berbagai asosiasi seperti HIPPINDO, HIMKI, AMSC, AISMOLI, PHRI, APGAI, WALI, dan lainnya, Inabuyer B2B2G Expo 2024 diharapkan dapat menjadi landasan bagi pergerakan yang lebih besar dalam mendukung penggunaan produk dalam negeri, memperkuat Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), serta meningkatkan partisipasi dalam kampanye Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) - Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Budihardjo Iduansjah, Ketua Umum Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) mengungkapkan Inabuyer B2B2G Expo sebagai tempat berkumpulnya para buyer.

"Inabuyer B2B2G Expo menjadi ajang tahunan bersama Kemenkop UKM dan LKPP sebagai tempat berkumpulnya para buyer. Di sini kami juga membantu Kemenkop UKM untuk mengembalikan gedung SMESCO sebagai pusat event B2B2G. Kami dari HIPPINDO sebagai sektor ritel memiliki omset hingga 500 triliun rupiah setiap tahun, mengajak para supplier dan produsen untuk menaruh sampel produknya dengan berpartisipasi dalam acara Inabuyer. Kami juga berharap Inabuyer bisa menjadi pendorong gerakan ‘Beli Buatan Indonesia’, membuka peluang joint venture, hingga export bagi produk lokal," ujarnya.

Hanung Harimba Rachman, Deputi Bidang Usaha Kecil Menengah Kemenkop UKM, menambahkan langkah ini merupakan bentuk dukungan untuk pertumbuhan dan pengembangan UKM di Indonesia.

"Ini adalah langkah konkret dalam mendukung pertumbuhan dan pengembangan UKM di Indonesia. Dengan Inabuyer B2B2G Expo 2024, kami berharap dapat memberikan kesempatan bagi para UKM untuk bertemu buyer dan mendapatkan order, juga memasarkan produk-produk unggulan mereka serta menjalin kerjasama yang berkelanjutan," ucapnya.

Emin Adhy Muhaemin, Direktur Pengembangan Strategi dan Kebijakan Pengadaan Umum Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), juga menyatakan bahwa partisipasinya di Inabuyer B2B2G Expo 2024 mencerminkan komitmen kami untuk mendukung penggunaan produk dalam negeri.

"Partisipasi kami dalam Inabuyer B2B2G Expo 2024 mencerminkan komitmen kami untuk mendukung penggunaan produk dalam negeri dan meningkatkan efisiensi dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah. Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat menciptakan sinergi yang lebih baik antara sektor publik dan swasta dalam mendukung ekonomi Indonesia," ungkapnya.

Selain itu, Abdul Sobur, Ketua Umum Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), berharap dengan adanya Inabuyer B2B2G Expo 2024 bisa membuat produknya terbeli.

"Inabuyer B2B2G Expo 2024 menjadi ajang bagi industri mebel dan kerajinan Indonesia untuk lebih dikenal di pasar domestik maupun internasional. Kami berharap dengan Inabuyer produk kami bisa dibeli oleh para buyer dari pemerintah, swasta, dan luar negeri," ujarnya. 

Inabuyer B2B2G Expo 2024 diharapkan menjadi momentum penting dalam memperkuat kolaborasi antara sektor pemerintah dan swasta, serta memperkuat ekosistem bisnis lokal untuk mencapai tujuan bersama dalam membangun Indonesia yang lebih mandiri dan berdaya saing.

Berita Lainnya