Jokowi Cari Arsitek Jadi Kepala Ibu Kota Baru, Ridwan Kamil: Saya Tidak Mau Berandai-andai

Kawula Muda, yang sekolah arsitek coba calonkan diri jadi Kepala Ibu Kota Baru Nusantara!

Ridwan Kamil buka suara setelah Jokowi mencari arsitek untuk jadi Kepala Ibu Kota Baru. (tribunnews)
Fri, 21 Jan 2022

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah membocorkan beberapa kriteria untuk menjadi Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) bernama Nusantara. Salah satu kriteria tersebut adalah seseorang yang berpengalaman di bidang arsitektur. Pengamat Tata Kota Yayat Supriyatna memprediksi bahwa sosok yang dibutuhkan Jokowi ialah Ridwan Kamil.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memilih untuk tidak banyak bicara mengenai hal tersebut. Beliau menyatakan kalau ia tidak ingin banyak berandai-andai mengenai hal itu.

"Kalau saya tidak mau berandai-andai ya. Belum pasti saya juga. Saya baru baca tadi malam, kriteria kepala daerah arsitek kan enggak hanya saya," tutur Ridwan Kamil yang dikutip dari Antara di hari Jumat (21/1/2022).

Ridwan Kamil dikenal sebagai seorang arsitek sebelum akhirnya memutuskan untuk terjun ke dunia politik. Ia mengatakan bahwa siapa pun yang terpilih, harus semaksimal mungkin membangun Nusantara.


Ridwan Kamil diharapkan menjadi Kepala Ibu Kota Baru oleh warganet. (coconuts.co)

 

Gubernur Jawa Barat tersebut mengatakan bahwa fokusnya saat ini masih kepada penuntasan janji-janji politiknya sebagai Gubernur.

Sesuai aturan, Presiden Jokowi harus menentukan Kepala Otorita IKN paling lambat dua bulan setelah undang-udang disahkan. Pengesahan RUU tersebut ditandatangani oleh 276 anggota dewan pada hari Selasa (18/1/2022),

Pasal 10 UU IKN menyebutkan bahwa jabatan Kepala Otorita IKN Nusantara serta Wakilnya adalah lima tahun dan dapat diangkat kembali dalam masa jabatan yang sama.

Sebelumnya, Presiden Jokowi sempat mengungkap empat nama calon Kepala Otorita IKN Nusantara. Diantaranya Ahok, Bambang Brodjonegoro, Tumiyono, dan Azwar Anas.

Presiden Jokowi menyatakan kandidat yang ia butuhkan setidaknya pernah memimpin daerah dan punya latar belakang arsitek.

Berita Lainnya