Kapolri Minta Permudah Tes SIM: Lintasan Zig-Zag Enggak Relevan

Lord banget yang bisa lewatin dua tes ini

Kapolri minta tes SIM dievaluasi dan jangan dipersulit, termasuk tes zig-zag dan bikin angka 8 (ANTARA FOTO)
Thu, 22 Jun 2023

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta tes ujian untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) bagi pengendara motor dievaluasi, terutama lintasan zig-zag dan lintasan membuat ‘angka 8’

Kapolri memerintahkan jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) se-Indonesia untuk mempermudah birokrasi pembuatan SIM bagi masyarakat.

Perintah ini disampaikan langsung oleh Kapolri dalam sambutan Upacara Wisuda Program Pendidikan Ilmu Kepolisian di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK), Rabu (21/06/2023).

Pasalnya, Kapolri Listyo mengaku jika dirinya mendapat banyak keluhan dari masyarakat terkait sulitnya memperoleh SIM terutama tes SIM.

Tes Mengemudi Motor (TWITTER/KompasTV)

"Khusus pembuatan SIM, saya minta Kakorlantas tolong dilakukan perbaikan, yang namanya angka delapan itu masih sesuai atau tidak, yang namanya melewati zig-zag zig-zag itu masih sesuai atau tidak," ujar Kapolri Listyo melansir Detik.

“Saya kira kalau memang sudah tidak relevan, perbaiki,” imbuhnya.

Menurutnya, aspek yang penting adalah masyarakat punya keterampilan berkendara dan menghargai keselamatan pribadi dan pengguna jalan.

Evaluasi ini ditujukan kepada masyarakat untuk mempermudah penerbitan SIM tanpa mengurangi aspek keselamatan berkendara.

"Jangan terkesan bahwa pembuatan ujiannya khususnya praktik ini hanya untuk mempersulit dan ujung-ujungnya di bawah meja. Nggak tes malah lulus. Ini harus dihilangkan," tegas Kapolri.

melansir CNN, Kapolri mengaku telah memerintahkan Kadiv TIK Irjen Slamet Uliandi, Asops Kapolri Irjen Agung Setya, dan Kakorlantas Irjen Firman Shantyabudi untuk terus melakukan perbaikan. Ia meminta untuk mengedepankan proses digitalisasi terhadap seluruh persyaratan berkendara seperti SIM, STNK, dan BPKP.

"Lakukan perbaikan yang awalnya manual menjadi digitalisasi sehingga masyarakat mendapatkan pelayanan dengan aplikasi yang sedang kita siapkan. Kita akan satukan semua layanan di satu aplikasi namanya SuperAPP dan khusus untuk pembuatan SIM," kata Listyo.

Masyarakat diketahui kerap mengeluhkan proses pembuatan SIM di Indonesia, terutama SIM C yang ditujukan untuk pengendara roda dua. 

Pasalnya, dalam pembuatan SIM, terdapat dua ujian praktik yang harus dilewati, Kawula Muda. Salah satunya adalah tes jalur zig-zag yang dianggap menyusahkan masyarakat.

Tidak jarang yang menganggap ujian jalur zig-zag ini tidak realistis. Keluhan masyarakat ini rupanya menjadi viral dan ramai diperbincangkan. 

Kawula Muda, ada yang pernah berhasil melewati tes SIM C yang sulit ini?

Berita Lainnya