Kim Jong-Un Kembali Pamerkan Sang Putri, Jadi ‘Bintang Utama’ Di HUT Militer Korut!

Tanda-tanda niy...

Putri Kim Jong Un, Kim Ju Ae, tampil ke publik untuk keempat kalinya pada perayaan HUT ke-75 tahun Tentara Rakyat Indonesia (REUTERS)
Fri, 10 Feb 2023

Pimpinan Korea Utara, Kim Jong Un, kembali mengajak putrinya Kim Ju Ae ke acara negara. Kali ini, sang putri bahkan menjadi ‘bintang utama’ pada perayaan HUT ke-75 tahun Tentara Rakyat Korea, Kawula Muda!

Tak hanya dengan sang putri, Kim Jong Un juga tampil bersama istrinya, Ri Sol Ju. Ketiganya disambut dengan tepuk tangan yang meriah ketika datang ke acara tersebut. 

Kim Jong Un berfoto bersama sang putri (Ju Ae) dan istrinya (Ri Sol Ju) pada perayaan ulang tahun militer Korea Utara (AFP)

  

Pada foto yang diunggah oleh kantor berita Korea Utara, terlihat putri yang kira-kira berusia 9 tahun tersebut duduk di antara ibu dan ayahnya. Kemudian, para personil militer berseragam berdiri di belakang mereka. 

Tampilnya Ju Ae ke acara penting dan publik tersebut dianggap sebagai ‘sinyal’ mengenai penerus Tahta pemimpin Korea Utara. 

Jika di kilas balik, ini sudah menjadi keempat kalinya pimpinan khas diktator tersebut membawa putri sulungnya ke acara resmi. Sebelumnya, Ju Ae juga tampil mengunjungi lokasi uji coba rudal balistik antarbenua pada November 2022 lalu. 

Hal yang menarik adalah panggilan yang kini disematkan kepada Ju Ae. Sebelumnya, sang putri kerap dipanggil “Putri Kesayangan”. Namun, kini predikat tersebut berubah menjadi “Putri Terhormat”.

Hal inilah yang semakin menumbuhkan spekulasi tersebut, Kawula Muda! Cho Han-bun, seorang peneliti senior di Korea Institute for National Unification turut angkat suara. 

Mengutip Vice, panggilan ‘terhormat’ tersebut hanya disematkan untuk putri dinasti tersebut. “Sebutan hormat untuk putri Kim Jong-Un mengisyaratkan makna politik yang mendalam. Pasti ada implikasi politik penting jika sebutannya terus dipakai,” tuturnya seperti dikutip pada Jumat (10/02/2023). 

Korea Utara memanglah sebuah negara yang dikuasai satu dinasti besar. Korut pada awalnya ‘didirikan’ oleh Kim II-Sung pada 1949 dan kemudian diwariskan ke generasi selanjutnya yakni Kim Jong-il dan Kim Jong-un.

Berita Lainnya