Korea Utara Sebut Covid-19 Datang Lewat Balon yang Diterbangkan dari Korea Selatan

Hmm... kalo menurut lo gimana, Kawula Muda?

Kasus Covid-19 kian bertambah setiap harinya. (FREEPIK)
Thu, 07 Jul 2022


Pemerintah Korea Utara sebut salah satu media penularan Covid-19 di negaranya adalah berasal dari balon yang diterbangkan oleh Korea Selatan.

Mengutip media Korea Selatan, hal itu setelah terdapat penemuan dua kasus Covid-19 setelah memegang sebuah material di dekat perbatasan Korea Selatan. Kedua kasus tersebut melibatkan seorang tentara berusia 18 tahun serta seorang anak berusia lima tahun. 

via GIPHY

Sebagai informasi, aktivis Korea Selatan telah menerbangkan balon melintasi perbatasan untuk mengirim selebaran dan bantuan kemanusiaan selama bertahun-tahun. Hal tersebutlah yang dianggap ‘berbahaya’ oleh Korea Utara. 

Tidak tanggung-tanggung, media pemerintah Korea Utara bahkan menuliskan instruksi agar para warga agar “Waspada menangani hal-hal asing yang datang oleh angin maupun fenomena iklim lainnya serta balon di daerah-daerah sepanjang garis demarkasi dan perbatasan.” 

Setiap orang yang melihat benda aneh tersebut pun diwajibkan untuk melaporkannya kepada tim darurat anti-epidemi. 

Kini, Covid-19 memang telah tersebar di Korea Utara. Pemerintah pun mengatakan bahwa Virus Covid-19 yang ganas telah menyebar cepat di Korea Utara.

Hal tersebut diperparah dengan jumlah populasi sekitar 25 juta orang rentan di negara tersebut. Selain itu, tidak memadainya program vaksinasi dan sistem kesehatan juga meningkatkan risiko penularan virus tersebut.

Adapun Korea Selatan memberi respons dengan mengatakan ‘tidak mungkin’ Covid dapat tersebar dengan cara tersebut. 

Menurut lo gimana Kawula Muda?

Berita Lainnya