Kualitas Udara DKI Jakarta Hari Ini jadi yang Terburuk di Dunia

Jangan lupa kenakan masker ya, Kawula Muda.

Ilustrasi polusi udara di Jakarta tinggi. (SHUTTERSTOCK)
Wed, 15 Jun 2022


Kualitas udara di Jakarta hari ini (15/06/2022) menjadi yang terburuk di dunia berdasarkan situs Air Quality Index (AQI). Hal ini diungkapkan oleh Pemprov DKI terkait penyebabnya.

Berdasarkan data dari Stasiun Pemantauan Kualitas Udara (SPKU) yang dikelola oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta pada Rabu (15/6/2022). Terpantau sejak dini hari kelembaban tinggi namun suhu udara rendah. Hal tersebut mengakibatkan polutan pencemar udara terakumulasi di lapisan Troposfer.

“Maka akan terlihat kondisi kualitas udara seperti kabut, didukung juga dengan cuaca yang mendung,” kata Sub koordinator Urusan Penyuluhan dan Hubungan Masyarakat DLH DKI Jakarta Yogi Ikhwan.

Sebagaimana diketahui, kualitas udara DKI Jakarta dalam dua hari terakhir, termasuk hari ini menjadi yang terburuk di dunia. Posisi kedua adalah Santiago, Chile, disusul Dubai, Uni Emirat Arab.

Ilustrasi menggungakan masker. (SHUTTERSTOCK)

 

Kualitas udara DKI Jakarta berada di 188 US AQI per 10.30 WIB dengan PM2.5 sebesar 128µg/m³ dan PM10 sebesar 22µg/m³. Karena itu, masyarakat direkomendasikan untuk mengenakan masker di luar ruangan, menutup jendela untuk menghindari udara yang buruk, menggunakan atau menyalakan air purifier, yakni alat penyaring udara ruangan, dan sebaiknya tidak berolahraga di luar ruangan.

Menurut AQI berdasarkan laporannya, menyebutkan konsentrasi PM2.5 di Jakarta saat ini 25,6 kali nilai pedoman kualitas udara tahunan WHO. Sedangkan dikutip BMKG, PM2,5 merupakan partikel udara yang berukuran lebih kecil dari 2,5 mikrometer.

PM2.5 menjadi pertanda polusi udara berbahaya lantaran bisa memicu gangguan pernapasan. Jika terhirup, PM2.5 akan mengganggu saluran pernapasan hingga timbul sesak napas, bahkan berkurangnya fungsi paru-paru.

Di sisi lain tercatat kelembaban Jakarta pagi tadi mencapai 79 persen. Akibatnya, AQ Index memberikan label secara kumulatif udara Jakarta tidak sehat dan diberi warning berwarna merah.

Setelah diketahui lebih lanjut, terdapat empat lokasi dengan kualitas terburuk di Jakarta yaitu:

1. AHP Capital Place

2. Thamrin Residences Apartment

3. Gading Harmony

4. Taman Resort Mediterania

Berita Lainnya