Lakukan Pelecehan Seksual, Hasan Yahya Resmi Diberhentikan dari Jajaran Komisaris Visinema

Trigger warning untuk beberapa pernyataan Hasan Yahya yang dikutip dalam artikel ini ya, Kawula Muda!

Visinema resmi berhentikan Hasan Yahya dari jajaran komisaris (VISINEMA)
Wed, 23 Feb 2022

Pada Rabu (23/02/2022), Visinema mengumumkan telah resmi memberhentikan Hasan Yahya secara formal dari jajaran komisaris. Pengumuman tersebut diunggah pada media sosial Visinema.

Pemberhentian Hasan Yahya tersebut terkait dengan pelecehan seksual yang dilakukannya di media sosial. Mengutip tangkapan layar Kuyou, Hasan Yahya dengan akun Twitter @_haye_, beberapa kali melakukan pelecehan secara verbal ke beberapa warganet Twitter. Beberapa pelecehan tersebut dapat Kawula Muda baca pada gambar lampiran berikut. 


Tangkapan layar cuitan Hasan Yahya yang mengandung unsur pelecehan seksual secara verbal (KUYOU)

Pada awal Februari lalu, Hasan tergabung dengan forum Twitter Space yang tengah membahas ekspedisi menjelajah Indonesia selama satu tahun tanpa digaji. 

Ia terlihat berdebat dengan pemilik akun Twitter dengan username @komuniche. Di akhir forum tersebut, Hasan terlihat menuliskan kalimat pelecehan seksual kepada perempuan pemilik username tersebut. 

Setelah kasus tersebut viral, CEO Visinema, Angga Sasongko mencuitkan bahwa kata-kata Hasan tersebut adalah pelecehan seksual. Ia mengaku telah berbicara dan meminta maaf kepada salah satu korban yang dapat dihubungi. Selain itu, Angga turut menulis akan menyiapkan konseling psikis hingga pendampingan hukum bila diperlukan. Cuitan tersebut diunggah pada 3 Februari lalu.

Melanjutkan cuitan Visinema yang mengumumkan pemberhentian resmi Hasan, Visinema menjelaskan pemberhentian tersebut berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 17 Februari lalu. 

“Menciptakan ruang aman bagi semua orang yang berada di dalam Visinema adalah fokus kami untuk mewujudkannya. Maka dengan ini Visinema menyatakan bahwa Hasan Yahya secara formal telah diberhentikan dari jajaran komisaris,” cuit akun Visinema. 

Visinema turut menulis tindakan tersebut merupakan salah satu upaya untuk menciptakan ruang nyaman dan aman dalam industri kreatif. Semoga industri kreatif dapat semakin tegas menangani dan memerangi kekerasan seksual di lingkungannya, ya Kawula Muda!  

Berita Lainnya