Langit di Amerika Serikat Berubah jadi Hijau, Ini Penjelasan Ahli

Serem yaa liatnya...

Langit di Sioux Falls di South Dakota, Amerika Serikat berubah menjadi hijau (TWITTER/eddiedevonne)
Fri, 08 Jul 2022


Warga Amerika Serikat dibuat heboh usai langit di sana berubah menjadi warna hijau gelap. Langit ini berwarna hijau saat terjadinya badai hebat mendekat Air Terjun Sioux.

Mulanya, warga Sioux Falls di South Dakota, Amerika Serikat mengalami fenomena aneh pada Selasa, 5 Juli 2022 sebelum adanya badai yang menerjang daerah itu.

Melansir dari CNBC Indonesia, National Weather Service (NWS) menyebut bahwa cuaca buruk ini adalah bagian dari derecho atau badai terhubung termasuk angin dengan kecepatan lebih dari 58 mil per jam.

Beberapa foto dibagikan warga sekitar di media sosial, Kawula Muda, termasuk ahli meterologi Fox, Brinkmann. Terlihat jalanan itu dikelilingi dengan langit berwarna hijau.

"Goodness Green, ini penampakan langit Air Terjun Sioux saat ini saat badai hebat menerobos dari salah satu kamera DOT," tulis Brinkmann dalam akun Twitternya.

Langit di Sioux Falls di South Dakota, Amerika Serikat berubah menjadi hijau (TWITTER/jmalikauthor)

 

Penjelasan ahli

Menurut ahli meterologi NWS, Cory Martin mengatakan, fenomena ini dihasilkan dari kombinasi cahaya kemerahan matahari terbenam dengan tetesan air biru yang berada dalam awan badai.

"Partikel pada awan badai dengan kedalaman dan kandungan air cukup besar akan menyebarkan cahaya biru. Saat cahaya merah disebarkan oleh atmosfer menerangi tetesan air/es biru dari awan, akan tampak hijau," jelasnya.

Katanya, perlu ada kandungan air besar dalam awan agar bisa mencapai warna seperti itu. "Fenomena ini biasanya jadi tanda peringatan visual jika badai petir bisa menghasilkan hujan es sangat besar," terang Cory.

Mengutip dari UNILAD, langit hijau ini berlangsung sekitar 10-2 menit.

Berita Lainnya