Stadion Manahan Solo Ditunjuk jadi Venue Piala Dunia U-20

Penasaran closing-nya bakal kayak gimana ya, Kawula Muda!

Tampak atas Stadion Manahan Solo (SHUTTERSTOCK)
Tue, 14 Feb 2023

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menyatakan FIFA telah menunjuk Stadion Manahan Solo sebagai lokasi final Piala Dunia U-20 2023. Selain itu, Gibran juga menyebut upacara penutupan ajang sepakbola bergengsi tersebut juga akan dilaksanakan di stadion Mahanan. 

Seperti yang diketahui, Piala Dunia U-20 akan dilaksanakan pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023 di Indonesia.

Gibran Rakabuming (Liputan6.com)

 

"Kota Solo terpilih menjadi tuan rumah final Piala Dunia U-20 2023. Lokasi venue di Stadion Manahan Solo," kata Gibran di Balai Kota Solo, Senin (13/02/2022) mengutip Kumparan.

"Kami jadi tuan rumah final, ya, senang sekali. Kami sudah pengalaman menjadi tuan rumah event internasional," lanjutnya.

Stadion Manahan jadi Venue Piala Dunia U-20 Masih Wacana

Walau begitu, Wakil Sekjen PSSI, Maaike Ira Puspita menyatakan lokasi final Piala Dunia U20 tersebut masih sebatas rencana. 

"Rencananya demikian," kata Maaike Ira Puspita dalam pesan singkat ke Bola.com seperti dikutip pada Selasa (14/02/2023).

"Masih dalam rencana. Jadi, pertimbangannya belum bisa di-share," tambahnya.

Sebagai informasi, Piala Dunia U-20 merupakan Piala Dunia Pemuda FIFA yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali. Para pemain sepakbola muda dengan usia di bawah 20 tahun dipersilakan untuk mengikuti turnamen sepakbola skala dunia tersebut. 

Tampak depan Stadion Manahan Solo (INSTAGRAM/STADION MANAHAN)

 

Tahun ini, gelaran ajang sepakbola tersebut akan dihelat pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023. Ini menjadi pertama kalinya turnamen tersebut diselenggarakan di Asia Tenggara setelah terakhir kali di Malaysia pada 1997 lalu. 

Terkait rencana yang disebut Gibran tersebut, ia menyatakan telah bekerja sama dengan mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Wishnutama Kusubandio, untuk konsep acara penutupan. 

Hal ini pun spesial, sebab negara penyelenggara tidak biasanya mengadakan acara pembukaan dan penutupan turnamen tersebut. Namun, karena sudah meminta izin kepada FIFA, kedua upacara tersebut tetap akan diselenggarakan oleh Indonesia. 

Selain itu, Gibran juga mengaku telah berkoordinasi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali, terkait Solo terpilih menjadi tuan rumah penutupan dan laga final Piala Dunia U-20 tersebut. 

Sementara itu, tak hanya di Solo, rangkaian Piala Dunia U-20 akan diselenggarakan di berbagai stadion. Beberapa stadion yang ditunjuk sebagai venue laga Piala Dunia U-20 yakni Stadion Utama gelora Bung Karno (SUGBK), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Gelora Bung Tomo (Surabaya), Jakabaring (Palembang), dan Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Daftar Grup yang akan Bertanding di Piala Dunia U-20 2023

Di sisi lain, berikut daftar grup yang akan bertanding pada gelaran sepakbola tersebut!

- Timnas Indonesia U-20

- Republik Dominika

- Guatemala

- Honduras

- Amerika Serikat

- Kepulauan Fiji

- Selandia Baru

- Inggris

- Prancis

- Israel

- Italia

- Slovakia

- Brasil

- Uruguay

- Ekuador

- Kolombia

Berita Lainnya