Kontrak BLACKPINK dan YG Entertainment Berakhir Bulan Agustus, Apa yang akan Terjadi?

Semoga yang terbaik :')

Kontrak BLACKPINK habis per Agustus 2023, bagaimana kelanjutan girl group YG Entertainment ini? (PEOPLE)
Thu, 03 Aug 2023

Kawula Muda, kontrak girl group BLACKPINK akan habis per 8 Agustus 2023 ini. Grup beranggotakan Lisa, Jennie, Jisoo, dan Jennie tersebut pernah dikabarkan tidak akan melanjutkan kontraknya dengan YG Entertainment.

Kabar tersebut bahkan membuat saham YG Entertainment turun. Agensi yang menaungi BLACKPINK sejak memulai debut pada 2016 tersebut memang menggantungkan ‘nasib’ mereka pada BLACKPINK.

Bagaimana tidak? Hampir 80 persen pendapatan YG Entertainment dikontribusi oleh BLACKPINK. Disebutkan oleh Pink Villa, YG Entertainment berkomitmen untuk mengamankan perpanjangan kontrak dengan BLACKPINK.

Polemik Perpanjangan Kontrak Member BLACKPINK

Polemik habisnya kontrak BLACKPINK Agustus 2023 ini (SOOMPI)

Sebagai girl grup pertama yang mencetak rekor penjualan tiket 100 juta Dolar AS melalui tur “Born Pink”, kesuksesan BLACKPINK memang sudah tidak diragukan lagi.

Di tengah hitungan mundur berakhirnya kontrak BLACKPINK, para penggemar tentu menunggu dengan cemas.

Disebutkan oleh Pink Villa, kontrak yang akan berakhir dalam satu minggu ini masih belum terselesaikan karena belum ada konfirmasi dari salah satu pihak, Kawula Muda.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa belum ada kesepakatan negosiasi yang tercapai antara kedua belah pihak, meski YG Entertainment mengaku penundaan negosiasi diakibatkan jadwal tur yang padat.

Seperti yang dituliskan Daily Mail, salah satu polemik dalam perpanjangan kontrak ini adalah negosiasi YG Entertainment dengan Lisa.

Beberapa laporan menyebutkan jika Lisa menjadi salah satu anggota yang mempertimbangkan keluar dari YG Entertainment.

Hal ini tentu membuat spekulasi jika salah satu kontrak member BLACKPINK tidak diperpanjang, grup tersebut dapat dibubarkan.

Diberitakan sebelumnya, Lisa BLACKPINK mendapatkan tawaran sebesar 100 miliar Won atau sebesar Rp 1,2 triliun untuk pindah dari YG Entertainment. Sehingga, dibutuhkan penawaran yang lebih tinggi jika YG ingin mempertahankannya.

Bahkan, setelah rumor ini beredar, belum ada penolakan atau konfirmasi resmi dari YG Entertainment, Kawula Muda.

Tidak hanya itu, diberitakan oleh Munhwa Ilbo, proses perpanjangan kontrak BLACKPINK dengan YG Entertainment diperkirakan tidak akan mulus, mengingat ‘harga tebusan’ untuk bintang global pelantun “Tally” tersebut telah meningkat pesat.

Tidak hanya Lisa, personil BLACKPINK lain, seperti Jennie, Jisoo, dan Rose juga diincar oleh berbagai agensi. Bahkan, mereka dikabarkan mendapatkan penawaran kontrak besar.

Meski kesuksesan BLACKPINK tidak terlepas dari peran YG Entertainment, banyak kritik yang ditujukan kepada agensi. Sebut saja keprihatinan tentang ‘pengendalian’ dan dampak buruk yang dirasakan oleh idol bagi kehidupan pribadi mereka.

Baru-baru ini, Jennie BLACKPINK mengungkapkan bahwa dirinya merasa tertekan dan lelah menjadi idol di dalam podcast bersama Dua Lipa, “At Your Service”.

Ditambah lagi, kabar konfirmasi Jisoo BLACKPINK dengan Ahn Bo Hyun berpacaran.

Hal ini seolah menunjukkan para anggota melakukan banyak hal di luar hal yang seharusnya ‘tidak dilakukan’.

Biasanya, para agensi akan memberikan proyek baru menjelang kontrak berakhir yang membuat para idol akan melanjutkan kontraknya.

Namun, sepertinya hal ini berbeda dengan BLACKPINK ya, Kawula Muda!

Apa yang Terjadi Jika Idol K-Pop Tidak Melanjutkan Kontrak?

Kontrak BLACKPINK akan habis, bagaimana jika idol K-pop tidak melanjutkan kontrak? (BLACKPINK)

Perpanjangan kontrak BLACKPINK dengan agensi YG Entertainment tentu menjadi perhatian utama di pasar K-Pop. 

Para penggemar juga tentu bertanya, bagaimana jika kontrak idol K-Pop tidak dilanjutkan?

Fenomena berakhirnya kontrak idol K-Pop dengan agensi memang bukan bahan pembicaraan baru. Idol K-Pop biasanya berkomitmen selama 7 tahun. Biasanya, 7 tahun dijadikan standar masa kontrak tiap idol K-Pop.

Jika tidak memilih melanjutkan kontrak, idol K-Pop biasanya akan mengawali karier di tempat atau agensi baru, bahkan dibubarkan.

Koreaboo sendiri pernah menuliskan berbagai alasan mengapa idol K-Pop tidak melanjutkan kontrak. Beberapa di antaranya adalah tidak menghasilkan banyak pemasukan, merasa tersaingi dengan anggota populer, timbul skandal besar, tidak diberikan kebebasan bermusik, memiliki tujuan karier berbeda, tidak ada benefit dari agensi, dan adanya grup lain yang lebih berpotensi.

Jika tidak melanjutkan kontrak, beberapa aktivitas idol K-Pop sendiri pun bervariasi, Kawula Muda. Mulai dari membuat agensi sendiri, fokus berkarier di dunia akting atau hal yang mereka sukai, mencari agensi baru, berhenti dari industri hiburan, atau menikah dan menjalani hidup seperti warga biasa.

Berita Lainnya