Mengapa Laki-Laki Lebih Cepat Wafat Daripada Perempuan?

:)

Kelompok perempuan (UNSPLASH/PRISCILLA DU PREE)
Tue, 19 Jul 2022


Mengutip dari laman penelitian Harvard, secara rata-rata perempuan rupanya memiliki usia harapan hidup yang lebih tinggi daripada laki-laki. Disebutkan, bahwa perempuan hidup 5 tahun lebih lama dibandingkan laki-laki di Amerika Serikat. Bahkan, angka tersebut menjadi 7 tahun lamanya di seluruh dunia. 

Terdapat banyak alasan mengapa rasio gender tersebut berbeda di usia tua. Padahal, sebelumnya perbedaan antara perempuan dan laki-laki di usia muda tidak terlalu besar. 

via GIPHY

Mengambil Risiko Lebih Tinggi

Dalam ilmu neurologi, diketahui bahwa bagian depan otak yang bertugas mempertimbangkan konsekuensi suatu tindakan berkembang lebih lambat pada anak laki-laki dari pada perempuan. Karena itulah, terdapat banyak anak laki-laki yang suka mengambil risiko tanpa mempertimbangkan konsekuensi lebih lanjut. 

Hal itu dapat saja berkontribusi pada fakta bahwa jauh lebih banyak anak laki-laki yang meninggal dalam kecelakaan ataupun kekerasan bila dibandingkan dengan perempuan. 

Pekerjaan yang Lebih Berbahaya

Laki-laki turut diketahui lebih banyak memiliki pekerjaan berbahaya bila dibandingkan dengan perempuan. Sebut saja berpartisipasi di pertarungan militer, pemadam kebakaran, hingga bekerja di bangunan konstruksi. 

Meninggal Akibat Penyakit Hati

Faktanya, laki-laki memiliki risiko meninggal karena penyakit hati 50 persen lebih tinggi bila dibandingkan dengan perempuan. Diperkirakan, salah satu penyebabnya adalah jumlah estrogen laki-laki yang lebih rendah bila dibandingkan dengan perempuan.

Lebih banyak melakukan ‘bunuh diri’

Banyak citra di masyarakat yang menyatakan bahwa seorang laki-laki haruslah kuat dan memendam perasaannya. Padahal, kesedihan dan perasaan negatif terkadang perlu disalurkan agar dapat merasa lebih baik, Kawula Muda. sayangnya, karena terus memendam rasa negatif tersebutlah, seorang pria dapat merasa depresi sehingga memutuskan untuk membunuh diri sendiri. 

Tidak Suka ke Dokter

Menguti Agency for Healthcare Research and Quality, laki-laki rupanya lebih sering melewati pemeriksaan rutin bila dibandingkan dengan perempuan. Mereka juga cenderung menghindari pertemuan dengan dokter. Karena itulah, jumlah kolesterol maupun tekanan darah yang terlalu tinggi dapat terlewat oleh mereka. 

Berita Lainnya