Menkes Bolehkan Lepas Masker di Ruang Terbuka Asal Sehat

Asal sehatttt ya, Kawula Muda :)

Presiden Indonesia, Joko Widodo lepas masker saat berkeliling di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat (INSTAGRAM/JOKOWI)
Tue, 03 Jan 2023


Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sebut masyarakat boleh lepas masker di ruang terbuka asal memiliki tubuh yang sehat.

“Kalau masyarakat merasa dia sehat, di udara terbuka (ruang terbuka) kayak gini, enggak perlu ya enggak usah (pakai masker)," ujarnya usai konferensi pers di pada Senin (02/01/2023).

Ilustrasi orang mennggunakan masker (UNSPLASH)

 

Akan tetapi hal tersebut hanya boleh dilakukan di ruang terbuka tanpa kerumunan. Apabila masyarakat berada di ruang tertutup atau kerumunan, imbauan memakai masker tetap berlaku.

“Jadi gini, balik lagi pemakaian masker kita anjurkan untuk di ruangan tertutup dan sempit, di kerumunan, sebaiknya pakai. Tetapi sekali lagi ini kita kembalikan ke masyarakat," tambahnya.

Lepas masker di ruang publik pun telah dilakukan oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo pada Senin (02/01/2023). Hal itu dilakukan saat Jokowi mengunjungi Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.

“Presiden mungkin merasa dia sehat. Saya tidak tahu tadi, saya tidak mengikuti apakah pasarnya (ruang) terbuka atau tertutup. Kalau itu terbuka beliau merasa aman ya aman-aman," kata Budi.

Sebelumnya, pemerintah baru saja mencabut Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada Jumat (30/12/2022). Hal itu merujuk pada Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 50 dan 51 Tahun 2022. 

Walau begitu, masyarakat tetap diharapkan melakukan protokol kesehatan (prokes) sesuai kesadaran. Hal ini pun ditegaskan oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo.

Di sisi lain, Budi Gunadi menjelaskan bahwa demi membuat pandemi menjadi endemi, maka diperlukan pengurangan intervensi pemerintah. Selain itu, diperlukan juga kerja sama dengan masyarakat agar tetap menjaga diri dari Covid-19.

Berita Lainnya