Nenek 71 Tahun Berhasil Mendaki Gunung Rinjani dan Raih Rekor Muri

Nenek itu sudah dipersiapkan rencananya semalam 2 bulan untuk mendaki Gunung Rinjani!

Anar Tiur Samosir "Perempuan Tertua Pendaki Puncak Gunung Rinjani" (INSTAGRAM/vita_momiva)
Fri, 14 Jul 2023

Kawula Muda, seorang nenek berusia umur 71 tahun asal Bekasi, Jawa Barat berhasil mencapai puncak Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Timur (NTB) dan meraih Piagam Penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) pada bulan Juni lalu.

Anar Tiur Samosir meraih piagam penghargaan rekor MURI sebagai Perempuan Tertua Pendaki Puncak Gunung Rinjani.

Dilansir dari CNN Indonesia, yang mengutip Antara, Liebe Goklas, putra dari Anar, mengatakan “Penganugerahan dari MURI itu berdasarkan surat piagam penghargaan Nomor. 11060/R.MURI/VII/2023 pada 13 Juli 2023 yang langsung diserahkan oleh Prof. Dr. (H.C.) KP Jaya Suprana.”

Anar Tiur Samosir dan Keluarga (INSTAGRAM/vita_momiva)

 

Anar berhasil mendaki puncak Gunung Rinjani dengan ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut (MDPL) di umur 71 tahun adalah capaian cukup luar biasa, Kawula Muda.

"Saya sampai di puncak sekitar pukul 14.00 WITA setelah memulai perjalanan dari base camp terakhir di Pelawangan Pukul 03.30 WITA pada 20 Juni 2023,” cerita Anar.

Ia mendaki Gunung Rinjani dengan perjalanannya yang memakan waktu 4 hari dan 3 malam. Dimulai dari tanggal 18 Juni hingga 21 Juni 2023. Anar mampu melalui medan yang cukup ekstrem dari padang rumput atau sabana, hutan, serta kontur jalan setapak yang terjal.

Dirinya menceritakan proses menuju puncak merupakan hal yang dirasakan paling berat dengan melintasi pasir di bawah terik matahari dan angin yang kencang.

“Pas di puncak, cuman rombongan saya saja yang ada. Pendaki lain sudah turun,” ucap Anar.

Pengalaman terberat menurut Anar adalah ketika turun dari Pelawangan menuju Sajang, Sembalun.

“Saya mulai berjalan dari pukul 10.00 WITA dan baru sampai di Sajang sekitar pukul 18.00 WITA,” ucapnya.


Menurut Anar pengalaman yang luar biasa adalah mendaki Puncak Gunung Rinjani, ketika semua orang tengah turun, namun dirinya masih mencoba untuk ke Puncak.

Enggak tanggung-tanggung, Anar ternyata sudah mempersiapkannya sejak 2 bulan sebelumnya untuk mendaki Gunung Rinjani, bersama kedua putranya, menantu, serta cucu-cucunya.

Persiapan yang disiapkan antara lain adalah olahraga rutin seperti yoga. 

"Saya sudah persiapkan dengan naik turun tangga di loteng rumah, sembari 2 tangan bawa barbel sejak dua bulan lalu, serta ditopang dengan rutin latihan yoga.”

Liebe Goklas mengatakan, “Luar biasa, fisik mama saya bisa tembus ke puncak Gunung Rinjani.”

Berita Lainnya