Obsesi Elon Musk atas Huruf X, Beri Nama Anak X Æ A-12 sampai Ganti Logo Twitter

XOXO, Elon Musk

Elon Musk ganti logo ikonis Twitter dengan huruf 'X' (BRITANNICA, TANGKAPAN LAYAR PRAMBORS)
Wed, 26 Jul 2023

Elon Musk resmi mengganti logo ‘burung biru’ legendaris Twitter menjadi ‘X’ secara bertahap. 

Hashtag #GoodbyeTwitter pun sempat menjadi trending disertai beberapa kritik terhadap logo baru tersebut pada Senin, (24/07/2023).

Para pengamat menilai pergantian logo ini lebih merupakan cara Elon untuk menonjolkan diri di perusahaan. Pasalnya, huruf X yang digunakan oleh Elon sudah ada di hampir semua perusahaan orang terkaya di dunia versi Forbes tersebut, Kawula Muda.

Bukan hanya sembarang logo, ternyata Elon Musk punya ‘hubungan’ unik dengan huruf X yang bisa dikatakan sebagai sebuah obsesi

Sejak Kapan Elon Musk Menggunakan Huruf ‘X’?

Elon Musk dan obsesinya dengan huruf X (REUTERS/Carlos Barria)

Seolah membuktikan ketertarikannya dengan huruf X, perubahan logo Twitter memang cukup mengagetkan bagi banyak orang. 

"Pergantian nama dan logo Twitter tidak ada hubungannya dengan masalah pengguna, pengiklan, atau pasar. Itu simbol bahwa Twitter adalah milik pribadi Elon Musk," kata Tom Morton, kepala strategi global di biro iklan R/GA, seperti yang dituliskan oleh Reuters.

Huruf X dapat dikatakan bukan ‘barang’ baru dalam dunia bisnis Elon. Huruf ‘X’ sendiri hampir selalu ada di semua perusahaan Elon selama dua dekade terakhir.

Sebut saja X.com yang merupakan nama domain awal dari PayPal, yang kini digunakan Twitter. 

Platform layanan perbankan dan keuangan online yang lahir pada tahun 1999 tersebut diluncurkan oleh Elon dengan nama X.com.

"Semua orang mencoba membujuknya untuk tidak menamai perusahaan itu karena sindiran seksual, tetapi dia sangat menyukainya dan bertahan dengan itu," kata Ashlee Vance, penulis Elon Musk: Tesla, SpaceX, dan Quest for a Fantastic Future, tentang domain X.com, menurut NPR .

Meski Elon mundur dari CEO setahun kemudian, ia berhasil membeli kembali domain X.com dari PayPal pada 2017, yang sekarang akan mengarahkan pengguna kepada situs Twitter.

"Terima kasih PayPal karena mengizinkan saya untuk membeli kembali X.com! Tidak ada rencana saat ini, tetapi itu memiliki nilai sentimental yang besar bagi saya," tulis Musk di Twitter pada 2017, mengutip Daily Mail.

Domain yang menjadi pertama dalam penggunaan huruf X tersebut menjadi awalan bagi huruf ‘X’ lain di hidup Elon.

Elon Musk dan Obsesinya dengan Huruf ‘X’

Melansir BBC, Elon yang juga sudah mengubah nama bisnisnya menjadi X Corp mengatakan jika penggantian logo Twitter tersebut ‘seharusnya dilakukan sejak lama’.

Selain X.com atau PayPal, ada perusahaan antariksa SpaceX dan juga salah satu model Tesla SUV, yakni Model X.

Sejak mengambil alih Twitter, Elon terobsesi dengan membayangkan jika ‘X’ adalah aplikasi segalanya, yang menawarkan berbagai layanan di luar media sosial.

Secara bertahap, Twitter berubah menjadi 'X' (TANGKAPAN LAYAR PRAMBORS)

Tidak hanya dalam urusan pekerjaan, anak pertamanya dari hubungan asmara dengan mantannya, musisi Grimes (Claire Elise Boucher) rupanya juga menggunakan huruf X, Kawula Muda!

Nama anaknya dengan Grimes adalah X Æ A-12 Musk.

Meski tidak diketahui secara pasti mengapa Elon terlihat sangat obsesi dengan huruf X, Elon mengatakan jika X memiliki nilai yang sentimental untuknya.

Berita Lainnya