Pandawara Group Bersihkan Pantai Terkotor Kedua di Indonesia

Kawula Muda, semoga pantai di Indonesia tidak dipenuhi sampah

Pandawara Group kembali bersihkan pantai terkotor, kali ini di Lampung yang jadi pantai terkotor kedua di Indonesia (INSTAGRAM/pandawaragroup)
Mon, 10 Jul 2023


Setelah sukses membersihkan pantai terkotor di Indonesia yang berada di Banten. Pandawara Group, kelompok yang dikenal dengan aksi positifnya membersihkan sungai dan pantai kembali membersihkan pantai terkotor kedua di Indonesia.

Pantai yang dicap menjadi pantai terkotor kedua di Indonesia tersebut terletak di Pantai Sukaraja, Teluk Betung Selatan, Bandar Lampung. Pandawara Group bersama warga turun tangan untuk membersihkan tumpukan sampah yang menutupi hampir seluruh pantai.

Adapun, aksi bersih-bersih ini dimulai pada Senin, (10/07/2023) pukul 07.00 WIB. Pandawara Group pun merekam kegiatan bersih-bersih pantai terkotor kedua di Indonesia via live TikTok @pandawaragroup. 

Pandawara Group bersama warga bersihkan tumpukan sampah di Pantai Sukaraja, Teluk Betung Selatan, Bandar Lampung (INSTAGRAM/pandawaragroup)

"Lampung mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, pantai terburuk dan terkotor nomor dua di Indonesia ada di daerah kalian," ucap Gilang, salah satu anggota Pandawara dalam unggahan media sosial melansir Liputan6.

"Lagi-lagi kita menemukan kondisi pantai yang sama. Tempat ini menjadi korban dari acuhnya kita terhadap lingkungan. Kita perlu kolaborasi antar-seluruh masyarakat dan pemerintah Provinsi Lampung untuk menanggulangi masalah ini," tambah salah satu anggota, Ikhsan, menambahkan.

Pandawara Group, melalui unggahannya mengajak 1.000 warga lampung untuk mengurangi sampah di pantai, Kawula Muda.

Melalui gambar dan video yang tersebar di sosial media, terlihat tumpukan sampah di Pantai Sukaraja tersebut bahkan membuat air laut menjadi keruh.

Tidak hanya itu, kapal-kapal nelayan terlihat menumpuk di antara tumpukan sampah, kawula Muda.

Melihat beberapa komentar di sosial media, beberapa warganet mengaku jika mereka ‘menerima’ jika pantai di daerah mereka dijuluki pantai terkotor di Indonesia.

“Jangankan nomor 2, nomor 1 kamu terima, silahkan keliling bandar lampung pukul 05.00-06.00 dinihari, sampah warga di tiap gang-gang dan tiap pinggir jalan, miris..,” tulis seorang warganet yang membenarkan jika warga setempat sudah biasa meninggalkan sampah di pinggir jalan setiap pagi.

“Siapa yang harus disalahkan? Stop menyalahkan, sadarlah tiap individu, sekian dan terimakasih warga lampung..,” tambahnya.

Pada agenda bersih-bersih hari ini (10/7/2023) Pandawara Grup dibantu oleh berbagai lapisan masyarakat. Meski sempat hujan, terlihat aksi gotong royong tersebut tetap dilakukan. Melalui pantauan Prambors, hingga pukul 11.00 WIB, aksi bersih-bersih masih terus dilakukan oleh Pandawara Group dan masyarakat sekitar.

Berita Lainnya