Pemerintah Gelar Sayembara Desain IKN Nusantara Berhadiah Rp 3,4 Miliar, Berani Ikutan?

Lo tertarik join gak, Kawula Muda?

Ilustrasi pemindahan Ibu Kota Baru (IKN) Indonesia (Sayembaraikn)
Mon, 28 Mar 2022


Pemerintah kembali menggelar sayembara desain bangunan untuk Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dengan total hadiah Rp 3,4 Miliar.

Adapun hadiah tersebut akan diberikan kepada 12 orang juara 1-3 di 4 kategori bangunan. Bangunan-bangunan yang disayembarakan adalah Istana Wakil Presiden (14,8 Ha), dua kaveling kompleks perkantoran legislatif (33,58 Ha dan 8,23 Ha), perkantoran yudikatif (15,16 Ha), dan kompleks peribadatan (6,95 Ha). 

Desain Istana Ibu Kota Negara Baru. (CNNIndonesia.com)

  

Pemenang pertama akan mendapat hadiah Rp 500 juta, pemenang kedua Rp 250 juta, serta pemenang ketiga mendapat Rp 100 juta. Terkait sayembara tersebut, pemerintah membuka pintu bagi seluruh masyarakat untuk mendaftar tanpa dipungut biaya pendaftaran. Berikut syarat lengkapnya, Kawula Muda! 

Warga Negara Indonesia (WNI) dan non WNI yang bekerja sama dengan Badan Usaha Konsultasi Konstruksi yang memenuhi syarat sesuai peraturan perundangan yang berlaku 

Peserta merupakan kelompok yang memiliki keahlian dalam perancangan arsitektur. Ketua Kelompok harus WNI, dan memiliki minimum kompetensi SKA Arsitek Madya/STRATA Madya dan memiliki NPWP. 

Anggota kelompok minimal berjumlah 5 orang dan maksimum 10 orang termasuk ketua. Setiap orang hanya dapat bergabung dalam satu kelompok. Setiap peserta sayembara dapat mengikuti paling banyak 2 sayembara. 

Minimal 4 anggota kelompok memiliki kompetensi SKA sebagai berikut: 

a. SKA Arsitek Madya/STRA Madya

b. SKA Ahli Teknik Bangunan Gedung Muda 

c. SKA Ahli Teknik Mekanika/Ahli Teknik Tenaga Listrik Muda 

d. SKA Ahli Arsitektural Lanskap Muda

Peserta Sayembara dapat berkolaborasi dengan disiplin ilmu lainnya seperti ahli geoteknik, ahli desain interior, teknik lingkungan, atau ahli lainnya serta masyarakat umum lainnya. 

Selama pelaksanaan sayembara tidak diperkenankan adanya pergantian personil maupun badan usaha.

Bagi Kawula Muda yang tertarik, pendaftaran sudah dibuka hari ini.  Kalian bisa langsung mendaftar online melalui laman sayembaraikn.pu.go.id ya! Jangan sampai terlambat karena pendaftaran hanya dibuka sampai 8 April 2022 mendatang. 

Berita Lainnya