Penelitian: Pria yang Punya Pasangan Menyebalkan Hidupnya Lebih Sehat

True kah min?

Penelitian: Pria dengan pasangan yang menyebalkan lebih sehat dan terhindar diabetes (UNSPLASH)
Wed, 23 Aug 2023


Sebagian orang tentu menghindari memiliki pasangan yang cenderung menyebalkan, seperti cerewet, banyak menuntut, atau mengkritik. 

Terutama dari sisi pria yang biasanya cenderung lebih diam, pasangan wanita biasanya bersifat sebaliknya, yakni cenderung menyebalkan dan mudah marah.

Namun, bagaimana jika penelitian mengungkapkan pasangan yang menyebalkan ternyata bisa membuat hidup yang lebih sehat?

Penelitian yang dilakukan oleh Michigan State University dan University of Chicago mengemukakan sebuah temuan yang menarik. 

Pria yang memiliki pasangan menyebalkan cenderung lebih sehat dan terhindar dari diabetes menurut penelitian (WILD WEST)

Lewat penelitian yang berjudul Diabetes Risk and Disease Management in Later Life: A National Longitudinal Study of the Role of Marital Quality, pria yang memiliki pasangan wanita mudah marah dan menyebalkan justru bisa membuat hidupnya lebih sehat dan terhindar dari risiko diabetes.

Studi yang meneliti 1.228 orang dan pasangannya ini menganalisis apakah sifat mudah marah dapat berdampak pada kondisi kesehatan.

Para responden pun akan diberikan pertanyaan tentang tingkat kepuasan yang mereka rasakan dalam hubungan mereka, seperti seberapa bahagia dengan pasangan dan apakah mereka menghabiskan waktu luang bersama.

Para peneliti pun menanyakan tentang seberapa besar kepercayaan dan keterbukaan yang dimiliki satu sama lain.

Hasil Penelitian yang Menarik Antara Pria dan Wanita

Ilustrasi wanita menyebalkan yang disebut membuat pria terhindar diabetes dan lebih sehat (CENTURY FOX)

Rupanya, studi yang juga menanyakan tentang tuntutan dan kritik yang dirasakan dari pasangan ini memberikan sebuah hasil yang menarik. Hasilnya pun berbeda antara pria dan wanita.

Para wanita yang memiliki pasangan positif, lebih rendah berpotensi terkena diabetes. Sebab, para wanita lebih sadar akan cara berinteraksi dengan pasangannya yang berdampak signifikan pada kesehatan metabolisme mereka, menurut para peneliti.

Sedangkan, pria yang dilaporkan menjalin hubungan dengan perempuan yang menyebalkan, mengatur, mengkritik, dan mengajukan banyak tuntutan justru lebih rendah terkena diabetes di kemudian hari.

Tidak hanya memiliki risiko rendah terkena diabetes, para pria dengan pasangan menyebalkan juga memiliki peluang yang lebih besar untuk mengendalikan kadar gula setelah diabetes muncul.

Meski tetap ada dampak negatif dari wanita yang menyebalkan, namun manfaat baiknya tidak bisa begitu saja dikesampingkan, loh, Kawula Muda.

Sebenarnya, wanita yang cenderung menyebalkan bukanlah suatu hal yang buruk. Justru, wanita yang disebut memiliki kepribadian kuat ini akan memberikan dampak positif bagi pasangannya.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh School of Psychology of the University of South Wales menyebutkan jika wanita yang memiliki temperamen buruk biasanya membuat keputusan yang lebih baik sebab mereka lebih pintar. 

Mereka tahu bagaimana mengartikulasikan pesan dengan lebih persuasif dan efektif. Hal ini yang mungkin menyebabkan pasangan mereka lebih memperhatikan mereka dan akhirnya memiliki kesehatan yang lebih baik sebagai hasilnya.

Sebagai catatan, hubungan yang diteliti oleh para peneliti bukanlah hubungan yang intens dan penuh konflik, melainkan hasil upaya seseorang memantau kesehatan pasangannya.

Jadi, tunjukkan sisi fierce-mu, Kawula Muda!

Berita Lainnya