Penjelasan KPU: Bantah Debat Cawapres Tidak Ada hingga Jadwal Debat Capres Cawapres

Jadi tetap ada dengan didampingi pasangan masing-masing

Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat (Jakpus) menggugat Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menunda pemilu 2024 (REPUBLIKA)
Mon, 04 Dec 2023


Jadwal debat Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Capres Cawapres) 2024 sudah ditetapkan oleh KPU. Di samping informasi mengenai jadwal debat capres cawapres, hadir isu mengenai debat khusus cawapres ditiadakan karena format baru dari KPU.

Mengenai hal tersebut, KPU buka suara dengan menegaskan bahwa debat cawapres tetap diadakan sebanyak 2 kali sesuai. Debat ini sesuai dengan UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu dan PKPU Nomor 15/2023, bahwa debat capres akan diadakan sebanyak 3 kali dan 2 kali untuk cawapres.

"Jadi dalam posisi ini, KPU tidak mengurangi ataupun terhadap porsi dan format debat, karena semuanya mengacu pada UU 7 dan peraturan KPU. Jadi kalau yang ada tudingan mengurangi, menghilangkan tidak benar," kata Komisioner KPU August Mellaz kepada wartawan, dilansir dari Detik, Minggu (3/12/2023).

Selain itu, Ketua Divisi Teknis KPU RI, Idham Holik juga membenarkan jumlah debat capres dan cawapres sebanyak 5 kali gelaran dengan catatan format untuk Pilpres 2024 dalam debat capres dan cawapres hadir untuk saling mendampingi.

"Di setiap debat, rencananya akan didampingi oleh pasangan masing-masing. Misalnya pada saat debat capres, aktor utamanya adalah capres itu sendiri dalam menyampaikan pendalaman materi visi, misi, dan program pencalonan. Dalam debat ini, cawapres hanya mendampingi saja," tutur Idham.

Alasan Debat Cawapres Didampingi Capres

Desain Surat Suara Pemilu Capres Cawapres 2024 (KPU)

 

Dilansir dari CNN Indonesia, Ketua KPU Hasyim Asy’ari menjelaskan ketentuan yang dimaksudkan pada format debat capres cawapres untuk Pilpres 2024.

Menurutnya, kehadiran pasangan capres cawapres dalam setiap debat bisa membangun kerja sama tim yang baik.

"Sehingga kemudian supaya publik makin yakin lah team work antara capres dan cawapres dalam penampilan di debat," kata Hasyim kepada wartawan, Kamis (30/11/2023).

Meski begitu, porsi untuk capres dan cawapres dalam debat akan berbeda. Ketika debat capres berlangsung, porsi bicara capres akan lebih banyak. Begitu juga sebaliknya dengan debat cawapres.

"Ketika debat cawapres, maka proporsinya cawapres juga yang lebih banyak," ungkapnya.

Jadwal Debat Capres Cawapres Pilpres 2024

Debat capres cawapres direncanakan akan tayang di stasiun TV nasional dengan total durasi 150 menit yang mana mencakup 120 menit untuk debat dan sisanya untuk iklan.

Berikut adalah jadwal debat capres cawapres terbaru dari KPU:

1. Selasa, 12 Desember 2023

2. Jumat, 22 Desember 2023

3. Minggu, 7 Januari 2024

4. Minggu, 21 Januari 2024

5. Minggu, 4 Februari 2024

Dengan masing-masing tema debat capres cawapres sebagai berikut:

Debat pertama mengenai Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi.

Debat kedua mengenai Pertahanan, Keamanan, Geopolitik, dan Hubungan Internasional.

Debat ketiga mengenai Ekonomi (Kerakyatan dan Digital), Kesejahteraan Sosial, Investasi, Perdagangan, Pangan, Pajak (Digital), Keuangan, Pengelolaan APBN dan APBD, Infrastruktur.

Debat keempat mengenai Energi, SDA, SMN, Pajak Karbon, Lingkungan Hidup serta Agraria, dan Masyarakat Adat.

Debat kelima mengenai Teknologi Informasi, Peningkatan Pelayanan Publik Hoaks, Intoleransi, pendidikan, Kesehatan (Post COVID Society), dan Ketenagakerjaan.

Berita Lainnya