Miss Universe Indonesia Ternyata Beda dengan Miss Indonesia dan Puteri Indonesia

Kenali perbedaannya agar tidak salah!

Ilustrasi Miss Universe 2022 (AP/Gerald Herbert)
Tue, 08 Aug 2023

Organisasi Miss Universe Indonesia dilaporkan ke Polda Metro Jaya dengan dugaan melakukan pelecehan seksual ke para finalis.

Adapun, dugaan pelecehan seksual tersebut terjadi pada Selasa, (01/08/2023) ketika para finalis diminta untuk melakukan pemeriksaan tubuh atau body checking.

Body checking yang disebut kuasa hukum korban tidak ada dalam rundown tersebut, ternyata terdapat pria yang ikut memeriksa dan memotret dalam kondisi finalis tidak menggunakan busana.

Miss Universe Indonesia atau biasa disingkat MIUD adalah kontes kecantikan tahunan di Indonesia yang diselenggarakan sejak 2023 dan didirikan 5 bulan lalu, tepatnya di bulan Februari 2023.

Logo Miss Universe Indonesia (MUID)

Kontes kecantikan ini dilakukan untuk memilih pemenang yang akan mewakili Indonesia pada perhelatan kontes kecantikan Miss Universe, Kawula Muda.

Namun, perlu digarisbawahi jika Miss Universe Indonesia (MUID) tidak ada sangkut pautnya dengan Miss Universe, begitu pula dengan Miss Indonesia dan Puteri Indonesia, Kawula Muda.

MUID diselenggarakan oleh PT Capella Swastika Karya yang sepenuhnya dimiliki oleh Poppy Capella. 

Lantas, apa perbedaan Miss Universe, Miss Indonesia, dan Puteri Indonesia yang tidak ada sangkut pautnya dengan Miss Universe Indonesia?

Simak penjelasan perbedaannya di bawah ini, Kawula Muda!

Miss Universe

Logo Miss Universe (MISSUNIVERSE)

Miss Universe adalah kontes kecantikan internasional yang bernaung di bawah Miss Universe Organization.

Berbasis di New York, Amerika Serikat, kontes kecantikan yang satu ini menjadi salah satu kontes kecantikan yang paling banyak mencuri perhatian di seluruh dunia.

Mulai tahun 2022, Miss Universe dimiliki oleh JKN Global Group, media yang berasal dari Thailand.

Kontes kecantikan ini pun sudah dimulai sejak tahun 90-an dan memiliki sejarah yang cukup panjang.

Disebutkan dalam laman resmi Miss Universe, kontes kecantikan ini menciptakan dan menyediakan ruang yang aman bagi para wanita untuk berbagi cerita dan membuat dampak secara pribadi, profesional.

Adapun, para wanita yang berpartisipasi dalam platform ini akan menjadi pemimpin yang menginspirasi dan menjadi panutan bagi komunitas dan penggemar di seluruh dunia.

Singkatnya, ajang kecantikan yang satu ini akan mengumpulkan wakil dari negara-negara yang terlibat. Tidak hanya itu, Miss Universe juga memiliki duta di berbagai bidang masing-masing untuk melakukan pengabdian sesuai bidang.

Miss Indonesia

Logo Miss Indonesia (MISSINDONESIA)

Miss Indonesia sendiri adalah kontes kecantikan di Indonesia yang diselenggarakan oleh MNC Group melalui Yayasan Miss Indonesia yang diketuai oleh Liliana Tanoesoedibjo.

Pemenang Miss Indonesia sendiri akan menjadi wakil Indonesia atau duta bangsa di kontes internasional dan juga turut serta dalam aksi sosial ke daerah-daerah yang membutuhkan.

Sejak diselenggarakan pada tahun 2005, pemenang dari kontes kecantikan ini akan mewakili Indonesia di ajang Miss ASEAN, Kawula Muda.

Namun, sejak tahun 2006, pemenang Miss Indonesia menjadi perwakilan resmi Indonesia di kontes Miss World hingga sekarang sebab Puteri Indonesia kehilangan lisensi Miss World pada tahun 2006.

Meski begitu, sempat muncul kritik pada kontes kecantikan ini sebab para finalis disebut tidak berasal dan tidak pernah menginjakkan kaki di daerah yang diwakili. Hal ini disebabkan audisi Miss Indonesia hanya dilakukan di beberapa kota sehingga tidak semua daerah dapat terwakili, Kawula Muda.

Puteri Indonesia

Logo Puteri Indonesia (PUTERIINDONESIA)

Sebelumnya, Yayasan Puteri Indonesia lah yang memegang lisensi untuk mengirim pemenang ke kontes kecantikan internasional Miss Universe, Kawula Muda. Saat ini, MUID disebut sebagai pihak yang memegang lisensi tersebut.

Lebih lanjut, Puteri Indonesia adalah kontes kecantikan yang dinaungi oleh organisasi Yayasan Puteri Indonesia (YPI).

Dapat dikatakan, kontes kecantikan yang diselenggarakan sejak tahun 1992 ini disebut sebagai kontes kecantikan tertua dan paling bergengsi di Indonesia.

Para pemenang akan mendapat gelar ‘Puteri Indonesia’ dan juga gelar lain sesuai bidang yang ada.

Tidak hanya pernah mewakili Indonesia dalam gelaran Miss Universe, kontes kecantikan ini juga pernah memilih pemenang untuk mewakili Indonesia di ajang Miss International, Miss Supranational, dan Miss Charm.

Kontes Puteri Indonesia sendiri dilakukan secara tradisional pada bulan Maret bersamaan dengan perayaan Hari Perempuan Internasional.

Pada tahun 2019, Presiden Jokowi mengumumkan Puteri Indonesia sebagai Warisan Budaya Takbenda Nasional Indonesia, yang mengusung nilai-nilai kebersamaan budaya dan masyarakat Indonesia.

Kawula Muda, itulah perbedaan Miss Universe, Miss Indonesia, dan Puteri Indonesia. Jadi, tidak ada sangkut paut dengan Miss Universe Indonesia yang sedang ramai dibicarakan saat ini, ya!

Berita Lainnya