Perpustakaan Taman Ismail Marzuki Sudah Dibuka untuk Umum, Bagus Banget!

Perpustakaan estetik nih namanya.

Perpustakaan Taman Ismail Marzuki, Cikini (KOMPAS)
Wed, 13 Jul 2022


Kawula Muda, Perpustakaan Taman Ismail Marzuki (TIM) di Cikini, Menteng, Jakarta Pusat sudah dibuka untuk umum, nih. Buat lo yang mau datang, simak artikel ini, ya.

Ada batasan untuk pengunjung yang ingin datang ke sana, Kawula Muda. Humas Perpustakaan Umum Jakarta, Irfan mengatakan, pengunjung dibatasi 300 orang per hari dengan jam operasional dimulai pukul 09.00 WIB.

"Kami buka 300 kuota untuk pendaftar, jika ada pengunjung yang keluar dari perpustakaan, yang berada di antrean bisa mendaftar dan masuk," kata Irfan mengutip CNN, Rabu (13/07/2022).

Untuk datang, pengunjung bisa daftar secara online. Pengelola akan membuka kesempatan bagi pengunjung yang datang langsung ke lokasi. Pengunjung harus mendaftarkan diri di ruang utama perpustakaan selama kuota tersedia. Jika ada pengunjung yang keluar dari perpustakaan, pengunjung lain di antrean bisa mendaftar dan masuk. 

Ada 38.000 koleksi di perpustakaan Jakarta dan 4.395 koleksi di PDS HB Jassin. Perpustakaan itu berisi koleksi buku-buku umum, buku-buku anak, hingga koleksi budaya Jakarta yang relevan dan sesuai kebutuhan masyarakat.

Fasilitas perpustakaan ada di lantai 4, 5, dan 6 Gedung Panjang. Bukan buku saja yang ada di sana, tapi ada juga ruang bermain untuk anak dan dibagi menjadi dua, indoor dan outdoor. Untuk outdoor khusus anak-anak usia balita.

Selain itu, perpustakaan ini punya rak tangga untuk membaca, selain rak penyimpanan buku. Pengelola juga menyediakan bilik untuk pengunjung yang butuh privasi untuk membaca maupun bekerja. Satu bilik ini dapat diisi oleh dua orang.

Kata Irfan, spot favorit pengunjung yaitu hamparan karpet dengan sejumlah kursi bantal. Sudut inilah yang selalu penuh oleh siapapun yang datang ke perpustakaan.

Perpustakaan TIM bisa jadi rekomendasi lo buat isi weekend, nih!

Berita Lainnya