Ratu Elizabeth II Meninggal, Apa yang akan Terjadi di Kerajaan Inggris?

Mulai dari pemakaman hingga perubahan jabatan istana.

Ratu Elizabeth II (PEOPLE)
Fri, 09 Sep 2022


Ratu Elizabeth II meninggal dunia Kamis, 8 September 2022 waktu setempat. Kepergian sang ratu diakibatkan sakit yang ia alami beberapa waktu lalu. Ini juga menyebabkan perubahan yang terjadi di kerajaan.

Di antaranya adalah kondisi istana, penghormatan untuk ratu, bendera di gedung negara pun juga diturunkan untuk memperingati belasungkawa kepada mendiang.

Seiring dengan meninggalnya Ratu Elizabeth, anggota kerajaan Inggris juga akan menerima gelar baru, di antaranya Pangeran William, Kate Middleton, dan istri Charles, Camila Parker Bowles.

Ratu Inggris, Elizabeth II. (BBCI.UK)

Melansir dari Page Six, Jumat (09/09/2022), berikut yang akan terjadi ketika Ratu Elizabeth II meninggal dunia:

Tembakan penghormatan

Setelah kematian Ratu, bakal ada pertemuan Dewan Aksesi di Istana St. James di London. Pertemuan tersebut untuk mendiskusikan siapa penerus takhta.

Garter King of Arms kemudian membacakan proklamasi di balkon istana, kemudian diikuti dengan tembakan penghormatan yang bergema di seluruh wilayah ibu kota kerajaan Inggris.

Naiknya takhta kerajaan Inggris

Secara otomatis, Pangeran Charles naik takhta menjadi Raja Inggris, ia akan dikenal sebagai King Charles III atau Raja Charles III.

Raja Charles kini menjadi pemimpin kerajaan Inggris dan 14 negara Alam Persemakmuran, termasuk Australia dan Kanada.

Pangeran Edward pada 2021 mendapatkan gelar Duke of Edinburgh yang disandang diwariskan kepada Pangeran Charles. Namun, karena Charles naik pangkat jadi Raja, Pangeran Edward bisa memberikan gelar tersebut kepada anggota keluarga lain.

Pangeran William dan Kate Middleton telah lama menyandang gelar Duke dan Duchess of Cambridge. Setelah neneknya meninggal, mereka mendapat tambahan gelar yaitu Duke dan Duchess of Cornwall.

Camilla Parker Bowles, istri kedua Pangeran Charles juga mendapat gelar baru. Dari Duchess of Cornwall, ia kini menyandang gelar Queen Consort atau permaisuri.

Anak pangeran dan cucu Ratu, juga menerima gelar yang baru.

Acara pemakaman

Sebagai anggota kerajaan, pemakaman Ratu Elizabeth bakal dibiayai dana masyarakat. Ratu meninggal di Istana Balmoral, rumahnya di Skotlandia. Maka dari itu, akan ada pengaturan pengiriman jenazah Ratu kembali ke England.

Setelah sampai di London, peti akan dijaga di panggung tengah aula. Keluarga kerajaan Inggris yang punya jabatan militer tinggi, pewaris takhta, biasanya mendapatkan pemakaman kerajaan. Untuk anggota keluarga lain, anak mereka, istri mereka biasanya diberikan upacara kerajaan yang tertutup.

Berita Lainnya