Ridwan Kamil Soal Pendaftaran CFW ke HAKI: Biarkan Tetap “Slebew” Bukan Haute Couture!

Ridwan Kamil juga menyarankan supaya pendaftaran ke HAKI dicabut aja, Kawula Muda!

Ridwan Kamil. (INSTAGRAM/RIDWANKAMIL)
Mon, 25 Jul 2022


Gubernur Jawa Barat, Ridwan kamil, turut angkat suara mengenai pendaftaran Citayam Fashion Week (CFW) ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Menurutnya, dikarenakan CFW adalah sebuah gerakan organik, sebaiknya proses tumbuhnya haruslah organik pula. 


“Sekalinya diformalkan dan dimewahkan, apalagi oleh orang luar, malah akan hilang tujuan dan maksudnya. Dan biasanya gerakannya malah akan mati muda,” tulis Ridwan Kamil pada bagian keterangan unggahan terbarunya pada Senin (25/07/2022). 

Pada bagian foto, terselip sebuah artikel yang memberikan selebriti Baim Wong mendaftarkan Citayam Fashion Week ke Kemenkumham. 

Ridwan Kamil pun menambahkan bahwa fashion jalanan seharusnya tetap berada di jalanan. Bukan berada di Sarinah, podcast, apalagi menjadi sebuah gerakan internasional. 

“Biarkan tetap Slebew bukan Haute Couture,” tambahnya. 

Ia turut menuliskan bahwa biarlah mereka yang berada di dalam gerakan Citayam Fashion Week yang mengorganisasikan dan mengembangkan gerakan tersebut. 

“Saran saya, pendaftaran HAKI ke Kemenkumham dicabut saja. Terima kasih jika bisa memahaminya,” tutup Ridwan Kamil. 

Sebelumnya, Baim Wong memang mendaftarkan Citayam Fashion Week ke Kemenkumham. Berdasarkan laman resmi Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) Kemenkumham, CFW terdaftar sebagai hiburan dalam peragaan busana, hingga podcast di bidang mode. 

Ia pun menyatakan berencana menyelenggarakan CFW pada Agustus 2022. “Iya sudah mau final. Di bulan Agustus,” tutur Baim pada Minggu (24/07/2022) mengutip Tribun.

Berita Lainnya