Ridwan Kamil Tak Sependapat dengan Uu Ruzhanul tentang Poligami Bisa Mencegah HIV/AIDS

Kawula Muda, ini kata Ridwan Kamil soal pencegahan HIV di Jawa Barat

Gubernur Jawa Barat. Ridwan Kamil. (INSTAGRAM/@ridwankamil)
Wed, 31 Aug 2022


Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menanggapi pendapat wakilnya, Uu Ruzhanul Ulum, mengenai pendapatnya terkait poligami untuk mencegah HIV/AIDS.

Uu menyatakan bahwa menikah dan poligami akan menjauhkan diri dari perbuatan zina. Uu pun meminta para pria yang sudah menikah tidak lagi ‘jajan sembarangan’ karena berpotensi menularkan HIV/AIDS kepada keluarganya, Selasa (30/08/2022), mengutip CNN.

Berbeda dengan Uu, Ridwan Kamil, secara pribadi tidak sependapat dengan pendapat tersebut. Ridwan Kamil mengatakan tidak setuju dengan pendapat pribadi Pak Wagub Uu Ruzhanul Ulum terkait poligami sebagai solusi.

Menurutnya, Pemprov Jabar fokus pada kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan dalam penanggulangan HIV/AIDS dan IMS di Provinsi Jawa Barat.

Dilansir dari laman Instagram pribadi Ridwan Kamil, ia menjabarkan apa saja upaya yang sudah dilakukan Pemprov Jabar dalam menanggulangi penyebaran HIV/AIDS di Jawa Barat.

Upaya tersebut terkait dengan skrining dini tes HIV, melakukan perluasan konseling, meningkatkan kapasitas pelayanan puskesmas, dan terus melakukan evaluasi. Pemprov Jabar juga terus melakukan pemantauan obat dan kegiatan pemetaan populasi kunci. 

Upaya lainnya adalah sosialisasi, penyuluhan, serta seks edukasi atau pendidikan terkait seks harus lebih serius diberikan kepada generasi muda, sehingga generasi muda lebih memahami hal-hal terkait HIV/AIDS dan Infeksi Menular Seksual (IMS).

Terakhir, Ridwan Kamil menambahkan bahwa beragam program dan agenda untuk mendeteksi dan menangani masalah ini sudah dilaksanakan secara progresif oleh Pemprov Jabar.

Berita Lainnya