Sandiaga Uno Ingatkan Wisatawan untuk Tetap Mengenakan Masker saat Selfie

Kamu sudah coba ke tempat wisata, Kawula Muda?

Pantai Taman Impian Ancol merupakan salah satu tempat wisata yang diuji coba oleh Kemenparekraf (INSTAGRAM/ancoltamanimpian)
Fri, 24 Sep 2021

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengingatkan wisatawan untuk tetap mengenakan masker saat selfie di tempat wisata. Hal itu dikarenakan banyak ditemukan wisatawan yang membuka masker saat mengambil foto maupun selfie.

“Apalagi pas lagi foto, pas lagi selfie, wisatawan itu suka copot masker, padahal kita bilang enggak boleh,” ungkap Sandiaga Uno saat Weekly Press Briefing, Senin, 20 September 2021, dikutip dari Liputan6.com. 

Sebelumnya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memang melakukan uji coba pembukaan 20 tempat wisata selama PPKM di wilayah level 2 dan 3 sejak pekan lalu.

Salah satu protokol kesehatan di TMII adalah scan barcode PeduliLindungi (INSTAGRAM/tmiiofficial)

 

Beberapa protokol kesehatan pun dijalankan, termasuk penerapan penggunaan aplikasi PeduliLindungi untuk screening dan tracking. Sandiaga turut berharap aplikasi tersebut dapat menjadi standar baru yang membawa angin segar bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. 

Sementara itu, perihal boleh atau tidaknya anak di bawah usia 12 tahun untuk masuk ke tempat wisata kembali ke peraturan pengelola masing-masing tempat wisata. 

"Selama didampingi orang tua yang sudah divaksin dan PeduliLindungi-nya dalam color code hijau, kita serahkan diskresi ke pengelola," sambung Sandiaga.

Tempat wisata yang sudah boleh dikunjungi adalah sebagai berikut:

Jakarta

1. Taman Impian Jaya Ancol

2. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

3. Kampung Budaya Betawi Setu Babakan


Jawa Barat

1. Taman Safari Indonesia

2. The Lodge Maribaya

3. Gamling Lake Rancabali

4. Kawah Putih

5. Jbound

6. Saung Mang Udjo


Jawa Tengah dan DIY

1. Grand Maerakaca Taman Mini

2. TWC Borobudur

3. TWC Prambanan

4. Taman Satwa Taru Jurug

5. Taman Tebing Breksi

6. Gembira Loka Zoo

7. Hutan Pinus Asri Mangunan


Jawa Timur

1. Taman Rekreasi Selecta

2. Jatim Park

3. Hawai Group

4. Maharani Zoo dan GUA

Berita Lainnya