Sejarah dan Ucapan Hari Raya Waisak

Selamat Hari Raya Waisak, Kawula Muda!

Salah satu arca Buddha pada salah satu bagian Candi Borobudur (UNSPLASH/Bill Fairs)
Mon, 16 May 2022

Hari Raya Waisak atau Waisak merupakan hari suci agama Buddha yang dirayakan pada bulan Mei.

Setiap tahunnya, hari raya tersebut dirayakan pada tanggal yang berbeda karena seiring dengan purnama pertama di bulan Mei. Adapun pada tahun ini, Waisak 2566 akan jatuh pada Senin, 16 Mei 2022. 

Ilustrasi ibadah Waisak (UNSPLASH/Arisa Chattasa)

 

Sejarah Hari Raya Waisak

Hari Waisak merupakan hari untuk memperingati peristiwa kelahiran, penerimaan penerangan agung, dan kematian Buddha. Buddha yang dimaksud adalah gelar yang dimiliki oleh Siddharta Gautama. 

Sebelumnya, Pangeran Siddharta adalah salah satu pangeran keluarga kaya. Namun, ia menyadari bahwa kekayaan dan kemewahan tidak menjamin kebahagiaan. Ia pun melakukan perjalanan sebagai tunawisma dan bermeditasi. 

Pada akhirnya, Pangeran Siddharta menemukan ‘pencerahan’ yang dimaknai sebagai makna dalam hidup. Sejak saat itulah, ia mendapat Penerangan Agung dan menjadi Buddha. Ia pun menyebarkan Dharma (kebenaran) kepada masyarakat luas. 

Pada Konferensi Persaudaraan Buddha Sedunia di Sri Langka pada 1950, diputuskan akan adanya perayaan Waisak secara resmi. Sejak saat itulah, Waisak diperingati setiap tahun pada awal purnama di bulan Mei. 

Upacara Waisak

Sebagai salah satu candi Buddha terbesar, Hari Raya Waisak di Indonesia biasanya terpusat di Candi Borobudur. Sejak 1929, perayaan besar-besaran diselenggarakan di candi tersebut. Adapun berikut tiga upacara pokok yang rutin dilaksanakan saat Waisak di Borobudur dikutip dari Kompas!

Pengambilan air berkat dari mata air (umbul) Jumprit di Kabupaten Temanggung dan penyalaan obor menggunakan sumber api abadi Mrapen, Kabupaten Grobogan. 

Ritual "Pindapatta" yakni pemberian dana makanan kepada para bhikkhu/biksu oleh masyarakat (umat).

Samadhi pada detik-detik puncak bulan purnama. Penentuan bulan purnama ini adalah berdasarkan perhitungan falak sehingga puncak purnama dapat terjadi pada siang hari.

Rekomendasi Ucapan Hari Waisak

Adapun berikut rekomendasi ucapan untuk dikirimkan kepada kerabat dan teman yang merayakan Hari Raya Waisak! 

1. Marilah kita berdoa untuk cinta, kedamaian, dan harmoni di seluruh dunia. Semoga diberkati Buddha!

2. Semoga kita selalu mendapat kemakmuran dan kedamaian dan kebahagiaan abadi, Selamat Hari Raya Waisak 2022!

3. Sakit itu pasti, penderitaan itu selektif. Selamat Hari Raya Waisak 2566!

4. Semoga damai menyertaimu selama perayaan yang dipenuhi cahaya ini. Selamat hari raya Waisak yang Berkilau!

Berita Lainnya