Selamat! Erick Thohir Resmi Terpilih jadi Ketua Umum PSSI

Selamat menjabat, Pak!

Erick Thohir saat terpilih menjadi Ketua Umum PSSI (INSTAGRAM/erickthohir)
Fri, 17 Feb 2023


Erick Thohir resmi terpilih sebagai Ketua Umum PSSI Periode 2023-2027 lewat Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Jakarta pada hari ini, Kamis (16/02/2023).

Menteri BUMN tersebut berhasil meraih suara sebanyak 64 yang menjadikannya unggul dari La Nyalla Mattalitti dengan 22 suara. Kemenangan Erick didapat lewat pemilihan pemilik suara atau voter.

Pemilik suara PSSI itu berjumlah 86 yang merupakan 86 suara plus satu federasi tambahan, yang di antaranya adalah 18 klub Liga 1, 16 klub Liga 2, 16 klub Liga 3, 34 asosiasi provinsi (asprov), dua asosiasi, dan satu federasi futsal Indonesia.

Erick Thohir saat terpilih menjadi Ketua Umum PSSI (INSTAGRAM/erickthohir)

Erick telah mendaftarkan diri sebagai calon ketua umum PSSI pada 15 Januari 2022. Ia menyerahkan langsung berkas ke kantor PSSI di GBK Arena meskipun belum ada komite pemilihan.

Ada 76 calon Exco PSSI, terdiri dari lima calon ketua (yang kemudian jadi empat calon ketua karena Fary Djemy Francis mundur), 16 calon wakil ketua, dan 55 calon anggota. Sebanyak 76 orang tersebut, Erick dan La Nyalla dinyatakan lolos verifikasi.

Kemudian, dalam KLB di Jakarta pada 16 Februari, Erick terpilih sebagai ketua umum setelah meraih suara mayoritas. Di samping itu, Erick Thohir memenuhi syarat mendapat suara 50 persen plus satu dari jumlah voters, maka pemungutan suara cukup dilakukan dalam satu putaran.

Selamat kepada Erick Thohir untuk jabatannya sebagai ketua umum PSSI!

Berita Lainnya