Sri Mulyani Bingung Kenapa Anak Muda Enggak Suka Pergi ke Kantor?

Lo team WFH apa WFO?

Menteri Keuangan Sri Mulyani. (INSTAGRAM/SMINDRAWATI)
Tue, 10 Jan 2023


Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengaku kaget melihat banyak anak milenial atau generasi muda saat ini yang lebih suka bekerja dari rumah atau work from home (WFH) dibanding pergi ke kantor work from office (WFO).

Walau level PPKM yang sudah dilonggarkan, anak muda masih memilih untuk WFH karena lebih efisien.

"Waktu saya di Amerika ketemu sama Bloomberg (berkunjung ke kantor Bloomberg), saya enggak ngerti kenapa anak-anak muda sekarang itu enggak suka pergi ke kantor, mereka lebih suka di rumah ibunya," terangnya, dilansir dari laman CNN Indonesia, Selasa (10/01/2023).

Sri Mulyani mengatakan, hal ini dilihat dari efek pandemi Covid-19 selama kurang lebih dua tahun yang membatasi siapa pun untuk bertemu tatap muka. Masyarakat harus melakukan semua aktivitas di rumah termasuk bekerja, dan sekarang mereka menjadi nyaman untuk terus bekerja dari rumah.

Menteri Keuangan Indonesia, Sri Mulyani Indrawati (ANTARA)

"Apa yang terjadi di dalam pemulihan sesudah tiga tahun manusia hibernated, kita semua kan hibernated kan ada di ruangan masing-masing di rumah, suddenly kantor itu menjadi tempat yang tidak familiar, you need to adjust again," tambahnya.

Di samping itu, perekonomian Indonesia serta inflasi yang membayangi dunia juga jadi penyebabnya. Masyarakat yang biasa berada di rumah dan diharuskan untuk bekerja di luar, menjadi meminta adanya kenaikan upah.

"Jadi, kalau kamu ingin saya keluar dari hibernated, saya harus dibayar lebih tinggi. Itu yang memicu inflasi dari sisi wage. Upah harus dinaikkan untuk menarik orang keluar dari kandangnya," jelas Sri Mulyani, mengutip laman CNBC Indonesia.

Jumlah permintaan juga beragam, yakni jumlah services, dan gaji-gaji yang meningkat.

Hmm.. apa Kawula Muda juga lebih suka bekerja WFH dibanding WFO?

Berita Lainnya