Syekh Ali Jaber Wafat, Sempat Berjuang Melawan Covid-19 dan Telah Dinyatakan Negatif

Hai Kawula Muda, selamat jalan Syekh Ali Jaber.

Pendakwah ternama, Syekh Ali Jaber. (TWITTER)
Thu, 14 Jan 2021

Tanah Air Kembali berduka. Pendakwah ternama Syekh Ali Jaber meninggal dunia pada Kamis (14/1/2021) sekitar pukul 08.30 WIB di salah satu rumah sakit di Jakarta.

Berita duka yang disampaikan oleh Ustaz Yusuf Mansur melalui video yang diunggah di akun Instagram pribadinya itu langsung menyebar luas serta menjadi trending topic di Twitter.

Positif Covid-19 dan sempat kritis

Kepergian Syekh Ali Jaber karena sakit bermula dari ia yang tiba-tiba mengaku demam dan batuk. Kemudian ia memeriksakan diri ke rumah sakit.

Melalui video yang diunggap pada 29 Desember 2020, Syekh Ali Jaber mengumumkan dirinya positif tepapar Covid-19.

Dalam video tersebut, Syekh Ali Jaber tampak memakai alat bantu oksigen. Ia mengaku tak menyangka bisa positif Covid-19.

“Alhamdulillah inalilah subhanallah. Enggak menyangka. Padahal sudah sering swab berkali-kali dan (hasilnya) selalu negatif. Beberapa hari lalu awal langkah mulai panas, kemudian batuk. Saya rasa panas biasa-biasa saja,” ujar Syekh Ali Jaber.

Syekh juga menegaskan kalau dirinya selalu berusaha semaksimal mungkin mematuhi protokol kesehatan, menerapkan 3M, dan jarang bertemu banyak orang.

“Coba bayangkan saya jarang bertemu siapa-siapa, kalaupun ketemu, saya selalu memenuhi protokol jaga 3M, kemudian menjauh dari kerumunan dan keramaian, tapi subhanallah kalau sudah qadarullah wa hadhr la Yuni Minal qadar. Kalau sudah ditakdirkan oleh Allah pasti datang ujian,” tuturnya lagi.

Syekh mengaku, dirinya merasa demam, batuk, hingga sesak napas. Sempat hanya ingin menjalani karantina mandiri, Syekh Ali Jaber akhirnya memutuskan dirawat di rumah sakit lantaran tak kuat dengan kondisinya.

Sempat kritis dan masuk ICU

Tak lama setelah mengumumkan dirinya positif Covid-19, kondisi Syekh Ali Jaber terus memburuk. Melalui admin yang mengelola akun Instagram pribadinya @syekh.alijaber, pendakwah asal Madinah itu diketahui masuk ruang ICU.

“Sahabat Syekh Ali Jaber yang semoga dirahmati Allah. Mohon doanya untuk Syekh Ali. Saat ini beliau dirawat di ruang ICU dan tidak bisa menggunakan HP. Terima kasih untuk semua doa dan perhatiannya,” tulis admin akun Syekh Ali Jaber melalui Instagram Story.

Kondisi Syekh sempat membaik dan dikabarkan oleh pihak yayasan.

“Kami kabarkan, saat ini beliau masih dalam perawatan intensif di salah satu rumah sakit di Jakarta. Kondisinya Pun semakin membaik, tim medis menyampaikan apa adanya bahwa perkembangannya cukup bagus dan terus menunjukan peningkatan,” tulis admin akun @yayasan.syekhalijaber.

Pendakwah Syekh Ali Jaber meninggal dunia, Kamis (14/1/2021). (TWITTER)

 

Wafat setelah negatif Covid-19

Meski terus membaik, rupanya takdir berkata lain. Pagi ini, sang pendakwah mengembuskan napas terakhinya,

Selain mengabarkan kepergian Syekh Ali Jaber, pihak Yayasan juga menginformasikan bahwa kondisi Syekh sudah dinyatakan negatif Covid-19.

“Telah wafat guru kita, Syekh Ali Jaber (Ali Saleh Mohammed Ali Jaber) di RS Yarsi hari ini, 14 Januari 2021, jam 08.30 WIB dalam keadaan negatif Covid-19,” begitu pernyataan pihak Yayasan.

“Mohon dimaafkan segala kesalahan beliau. Semoga diterima segala amal shaleh beliau,” lanjutnya.

Pernyataan turut berduka pun langsung mengalir dari berbagai pihak, termasuk para selebritas. Mereka di antaranya adalah Irfan Hakim, Raffi Ahmad, Irwansyah, dan Deddy Codbuzier. Mereka membagikan juga foto kebersamaan dengan Syekh.

Innalilahi wainna illaihi rojiun. Selamat jalan Syekh. Rest in peace and love.

Berita Lainnya