Terjadi Hujan Lokal di Atas Satu Mobil Saja, BMKG Jelaskan Fenomena Tersebut Sulit Terjadi!

Langit, bisakah kau turunkan hujan di atas mobilku saja?

Tangkapan layar video fenomena hujan lokal di atas satu mobil (INSTAGRAM/URYANRIANA)
Wed, 03 Nov 2021

Sebuah fenomena tak lazim bagi masyarakat terjadi di hotel di Jababeka, Cikarang Pusat pada Minggu (31/10/2021). Melansir unggahan video Uryan Riana, anggota DPRD Kabupaten Bekasi, terjadi hujan lokal yang hanya mengguyur sebuah mobil.

Saat itu, Uryan tengah menghadiri acara pelantikan Satgas Pemenangan DPD PKS. Ia merekam video tersebut kurang lebih sekitar pukul 12.00 WIB.

“Acara belum selesai saya turun menuju parkiran mau ke mobil, tetapi pada saat mau ke mobil ada fenomena aneh dan luar biasa karena ada satu mobil hitam Kijang Innova diguyur air hujan. Tadinya saya pikir ada yang nyemprot ternyata saat saya lihat ke sekeliling, tidak ada satu orang pun yang kelihatan ada di parkiran,” cerita Uryan Riana di keterangan unggahan Instagram-nya.

@uryanriana


♬ suara asli - uryanriana

Video tersebut viral hingga menuai respons dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Peneliti BMKG Deni Septiadi menjelaskan bahwa fenomena tersebut sulit terjadi.

Deni menyatakan bahwa awan hujan terkecil memiliki radius satu kilometer.

"Artinya sulit sekali ketika air yang keluar dari awan tersebut terkonsentrasi hanya dalam radius di bawah 100 meter apalagi hanya di atas mobil tertentu," ungkap Deni pada Selasa (02/11/2021) mengutip CNNIndonesia.

Menjelang puncak dari musim penghujan, Deni mengatakan bahwa awan yang ada pasti bergerak dalam gerombolan atau disebut multi cell. Secara ilmu, awan hujan, baik single cell ataupun multi cell, sangat sulit turun di radius kecil, apalagi di atas satu mobil saja.

"Sekali lagi secara fisis multi cell bahkan single cell awan pun sangat sulit menghasilkan curahan hujan sebagaimana yang viral," ujar Deni.

Berita Lainnya