Tukang Becak Tambal Jalan Rusak Sendirian sebab Takut Sang Putri Kecelakaan

Keren banget, Kawula Muda!

Seorang tukang becak motor tambal sendiri jalan berlubang di Lamongan, Jawa Timur (JATIMNOW)
Thu, 02 Feb 2023


Seorang tukang becak motor bernama Gufron (62) menambal sendiri jalan rusak berlubang di Lamongan, Jawa Timur. Hal itu dikarenakan ia menganggap jalan tersebut membahayakan warga dan dapat mencelakakan putrinya.

Gufron pun membawa alat dan bahan pribadinya untuk membenarkan jalan tersebut. Sebut saja palu, batu pasir kerukan, hingga sebotol solar. “Sudah 3 hari ini saya melakukan ini (menambal jalan),” tambah Gufron.

Seorang tukang becak motor bernama Gufron (62) menambal sendiri jalan berlubang di Lamongan, Jawa Timur (JATIMNOW)

  

“Selain karena ada lubang di jalan yang bisa membahayakan pengguna jalan, penerangan jalan juga minim sehingga gelap,” tuturnya pada Kamis (02/02/2023) mengutip Detik. 

Terlebih lagi, putrinya bekerja di kota. Ketika ingin pulang, maka sang putri kesayangan akan melewati jalanan rusak tersebut. Hal itu juga menjadi pendorong utamanya sehingga membenarkan jalan tersebut sejak subuh tiap harinya. 

“Saya itu khawatir anak saya itu kerja di kota, melintas di jalan ini apalagi kondisi hujan terus celaka, saya juga jadi repot,” tambahnya. 

Ia pun menjelaskan jalan tersebut memang rawan kecelakaan karena berada setelah tikungan. Karena itu, pengendara akan langsung bertemu dengan jalan rusak berlubang tersebut setelah berbelok. 

Ini bukan pertama kali seorang warga sipil memutuskan untuk membenarkan jalan yang rusak. Sebelumnya, sempat heboh pula pembangunan jalan sepanjang 1,8 kilometer yang dibiayai oleh Crazy Rich Grobogan.

Hal tersebut sebenarnya mengherankan. Sebab, masyarakat telah membayar pajak dan sejatinya memiliki hak untuk melintas di jalan yang baik dan tidak berlubang. 

Pintu untuk melaporkan jalan rusak di daerah kepada pemerintah pun perlu dibuka lebar-lebar. Sayangnya, tak jarang pengalaman warga menemukan jalan yang telah dilaporkan tersebut tidak kunjung diperbaiki. 

Karena itu, perlu adanya ketersediaan kedua belah pihak untuk turut berkontribusi. Warga dapat aktif untuk melaporkan jalan rusak yang mereka temui sedangkan pemerintah juga harus sigap dalam merespons keluhan warga tersebut.

Untuk lo yang ingin melapor jalan rusak, lo dapat melapor lewat laman yang dirilis oleh Kementerian Perkiraan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Berikut caranya ya, Kawula Muda!

- Buka browser lo.

- Ketik alamat https://www.lapor.go.id/ 

- Isi setiap kolom laporan dengan detail dan rinci

- Unggah juga foto atau video yang mendukung laporan

- Lo bisa memilih opsi nama pengirim, anonim atau tidak.

- Lo juga bisa mengatur laporan termasuk laporan rahasia atau tidak.

- Setelah selesai klik 'lapor'

Yuk, Kawula Muda kita ikut benahi jalan rusak di sekitar dengan melapor ke pihak berwajib untuk membetulkannya.

Berita Lainnya