Umat Muslim di Bali Boleh Tarawih saat Nyepi dengan Aturan Ini

Kawula Muda, enggak sabar banget menyambut Hari Raya Nyepi dan awal Ramadan 1444 Hijriah!

Ilustrasi pecalang yang sedang mengamankan Hari Raya Nyepi. Diketahui, Hari Raya Nyepi 2023 akan bertepatan dengan awal Ramadan 1444 Hijriah (ANTARA FOTO)
Tue, 21 Mar 2023


Pada hari Rabu 22 Maret mendatang masyarakat Indonesia diperkirakan akan menyambut dua hari besar keagamaan secara bersamaan, yakni Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1945 dan awal bulan Ramadan 1444 Hijriah yang mana menjadi malam pelaksanaan salat tarawih pertama umat Muslim.

Diketahui, pada Hari Raya Nyepi, umat Hindu akan menghentikan kegiatan sehari-hari baik di luar rumah hingga mengakses internet dan televisi. Hal ini biasanya diikuti seluruh warga dan wisatawan yang menetap di Bali.

Namun pada perayaan Nyepi tahun ini, melansir Kumparan, Pemerintah Bali mengizinkan umat Muslim menggelar salat Tarawih pertama untuk menyambut bulan Ramadan dalam keadaan terbatas.

Ilustrasi pelaksanaan ibadah tarawih yang bertepatan dengan Hari Raya Nyepi 2023 (PILAR)

Melansir CNN, majelis-majelis Agama dan Keagamaan Kota Denpasar, Bali, mengeluarkan imbauan yang menekankan agar umat Islam yang menggelar Salat Tarawih di masjid/musala di Kota Denpasar pada 22 Maret 2023 tidak menggunakan pengeras suara, Kawula Muda.

Selain itu, umat Islam di Kota Denpasar yang menggelar tarawih di masjid harus dengan berjalan kaki dan tidak bergerombol di jalan. Tidak hanya itu, lampu di masjid atau musala yang bisa digunakan adalah lampu yang dapat dipindahkan dalam jumlah dan waktu yang terbatas, yang perlu diperhatikan, sinar lampu diusahakan tidak tampak dari luar.

"Untuk kenyamanan bersama pelaksanaan Salat Tarawih, keamanan dapat dibantu oleh Pecalang, Jaga Bhaya dan petugas keamanan masjid atau musala," bunyi seruan tersebut.

Manggala Utama Pasikian Pecalang MDA Bali, I Made Mudra, menjelaskan dalam seruan bersama yang disetujui beberapa elemen, termasuk Majelis Desa Adat (MDA) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Bali itu agar ketentuan tersebut dapat dipahami. Baik bagi umat muslim maupun para Pecalang yang bertugas ketika Nyepi.

"Mudah-mudahan ini bisa diterjemahkan oleh rekan-rekan Pecalang supaya tidak menimbulkan gejolak karena berbarengan salat tarawih dengan sipeng," kata Mudra melansir Detik.

Pemerintah telah menetapkan hari Hari Suci Nyepi jatuh pada Rabu, 22 Januari 2023. Kemudian, Kamis, 23 Januari 2023 menjadi hari libur nasional cuti bersama Hari Suci Nyepi.

Kementerian Agama sendiri akan menggelar sidang isbat penentuan 1 Ramadan 1444 H pada 22 Maret 2023 mendatang.

Berita Lainnya