Bule Amerika Serikat Kaget, Merasa Kasihan Ketika Tahu Gaji Orang Indonesia

Emang ada gila-gilanya sih...

Viral bule di Amerika kaget ketika tahu rata-rata gaji orang Indonesia (UNSPLASH)
Tue, 18 Jul 2023


Beredar video viral yang menunjukkan rasa terkejut bule atau warga negara asing (WNA) yang berada di Amerika Serikat mendengar rata-rata gaji orang Indonesia.

Video yang diunggah melalui akun TikTok @stevenapriliano tersebut menunjukkan ekspresi terkejut para bule ketika tahu rata-rata gaji orang Indonesia.

Sebelumnya, beberapa bule tersebut harus menebak rata-rata gaji orang Indonesia. Jawabannya pun beragam, mulai dari yang paling besar, misalnya 5.000 Dolar AS atau Rp 75 juta, 4.000 Dolar AS atau Rp 60 juta, 2.000 Dolar AS atau Rp 30 juta, hingga 1.000 Dolar AS atau Rp 20 juta. 

@stevenapriliano Berapa ya kira2 pendapatan orang di Indonesia menurut orang Amerika ? 🇲🇨🇺🇸 Jumlah penghasilan diambil dari rata2 UMR pekerja tetap / pekerja biasa di Indonesia ya #kerjadiamerika #hidupdiamerika #fyp #fypシ ♬ Monkeys Spinning Monkeys - Kevin MacLeod & Kevin The Monkey

Lima bule tersebut diketahui kaget saat si pembuat video mengatakan jika gaji orang Indonesia jauh di bawah angka yang mereka sebutkan, Kawula Muda.

Pasalnya, mereka sudah menurunkan nominal yang menurut mereka paling rendah. 

Namun, mereka tidak menyangka jika gaji orang Indonesia ‘sangat kecil’, yakni tidak dalam ribuan Dolar AS, namun ratusan Dolar AS saja!

Disebutkan, rata-rata gaji orang Indonesia menurut video tersebut adalah 300 Dolar AS atau sekitar Rp 4,5 juta per bulan.

“Itu gila,” ujar salah satu bule.

“Tidak mungkin,” ujar yang lainnya.

“Apakah mereka (warga Indonesia) bisa hidup?” Tanya yang lain.

Namun, salah seorang bule mengatakan bahwa hal tersebut ‘wajar’, mengingat biaya hidup di Indonesia jauh lebih murah dibandingkan di Amerika Serikat.

Tidak hanya itu, salah satu WNA yang diketahui berasal dari Jamaica pun mengatakan, “Sama seperti di Jamaica (gaji orang Indonesia).”

Meski video ini hanya sekadar untuk keseruan, namun di akhir video terdapat beberapa lontaran kalimat yang cukup satir, Kawula Muda.

“Apakah mereka baik-baik saja?” Tanya seorang bule.

“Saya tidak tahu,” jawab si pembuat video disertai gelak tawa keduanya.

Video tersebut pun menuai beragam komentar dari warganet, Kawula Muda.

Ada yang menyebutkan jika tidak bisa membandingkan gaji di setiap negara, sebab kebutuhan dan juga biaya hidup tentu berbeda. Namun, tidak sedikit yang menyebutkan jika rata-rata gaji orang Indonesia, dalam hal ini Upah Minimum Regional (UMR) memang kecil.

Menurut Kawula Muda sendiri, ideal rata-rata gaji orang Indonesia berapa sih?

Berita Lainnya