Simak Cara Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler yang Tepat untuk Siswa

Buat lo yang baru masuk SMA, check this out!

Simak cara memilih kegiatan ekstrakurikuler yang cocok (UNSPLASH)
Mon, 17 Jul 2023

Memilih ekstrakurikuler di sekolah adalah kegiatan yang penting untuk diketahui siswa SMA yang baru masuk tahun ajaran baru.

Beragam ekstrakurikuler (ekskul) ada di SMA, mulai dari olahraga atau klub sains. Hal ini agar para siswa bisa memilih minat dan bakatnya dengan sesuai.

Dengan adanya ekstrakurikuler, siswa dapat mengembangkan diri dan mengejar minat di luar akademiknya yang ia mau.

Namun, masih ada beberapa siswa yang masih bingung untuk memilih ekstrakurikuler yang dia inginkan. Untuk mengetahui ekstrakurikuler yang cocok dengan diri sendiri diperlukan pemahaman lebih dalam mengenai diri sendiri juga.

Nah, berikut adalah cara memilih kegiatan ekstrakurikuler yang tepat untuk siswa SMA.

Cara Memilih Kegiatan Ekstrakurikuler yang Cocok

1. Sesuaikan dengan jadwal aktivitas sehari-hari

Lo harus mengetahui terlebih dahulu aktivitas sehari-hari sebelum memilih kegiatan ekstrakurikuler, Kawula Muda.

Misalnya, lo mengikuti ekskul paduan suara di hari Senin, tapi lo sudah terdaftar di tempat bimbingan belajar atau bimbel di tempat dan waktu yang sama.
Itulah yang membuat lo bingung dan tidak fokus dengan keduanya. Pilihlah salah satu yang memungkinkan lo bisa lakukan dengan baik.

2. Sesuaikan dengan minat dan bakat lo

Penyesuaian memilih ekskul bukan hanya karena lo menyukai dengan ekstrakurikuler itu. Jika lo tidak memiliki kemampuan di bidang yang lo pilih, nantinya lo tidak memberikan hasil yang baik untuk diri sendiri.

Jangan memaksakan mengambil ekskul hanya karena teman, atau karena populer saja. Pilihlah bakat yang lo inginkan sehingga bisa menyesuaikan kemampuan diri lo.

3. Lihat peserta yang mengikuti ekstrakurikuler

Ini juga penting, Kawula Muda. Jangan ikut ekstrakurikuler hanya dengan melihat nama teman-teman lo yang ikut saja, lo juga perlu melihat pembimbing dan pelatihnya. Selain itu, perlu juga untuk mengetahui seluk beluk informasi lengkap tentang ekskul tersebut.

4. Jangan mengikuti ekstrakurikuler yang tidak dipahami

Selanjutnya, jangan karena penasaran saja lo ikut ekstrakurikuler tersebut. Lo harus bergabung dengan ekskul yang memang dipahami dan sesuai dengan kemampuan, dan yang paling penting harus nyaman, Kawula Muda.

5. Mengikuti pertemuan dan uji coba

Lo bisa mengikuti pertemuan dan uji coba, loh Kawula Muda. Lo juga bisa mendapatkan pengalaman langsung tentang apa yang dilakukan dalam ekskul tersebut.

Pertemuan atau sesi percobaan ini juga bisa membantu siswa dalam keputusan akhir tentang ekstrakurikuler yang ingin mereka ikuti. Nantinya, lo akan memahami tentang ekskul tersebut apakah cocok atau tidak.

Demikianlah, cara memilih kegiatan ekstrakurikuler yang cocok. Ingat, pilihlah dengan sesuai keinginan, kemampuan, dan lo harus nyaman!

Berita Lainnya