5 Sifat Menggambarkan Psikologi Seseorang, Banyak Tertawa Tanda Kesedihan

Kawula Muda Lo sering lihat atau merasakannya?

Ilustrasi Kondisi Psikologi (UNSPLASH/engin akyurt)
Thu, 13 Jul 2023


Kehidupan manusia selalu didampingi dengan kehidupan yang berkaitan dengan psikologi, yang artinya memang setiap manusia memiliki berbagai emosi yang dapat mereka lakukan dengan hal yang berbeda-beda. 

Tahukah lo Kawula Muda, terdapat beberapa kondisi psikologis yang sering kita lihat atau kita lakukan tanpa disadari.

Kali ini, Tim Prambors akan memberikan gambaran kondisi psikologis seseorang berdasarkan perilaku yang sering dilakukan namun tidak disadari. 

1. Tertawa Terbahak-bahak Menjadi Tanda Seseorang Sedang Kesepian

Kawula Muda, ketika lo sedang kumpul nongkrong atau di mana pun lo berada, pasti sering lihat orang yang sedang tertawa dengan terbahak-bahak, dan menganggap orang tersebut sedang riang gembira.

Ternyata, tertawa tidak selamanya digambarkan sebagai kegembiraan, loh. Sebaliknya, tertawa mereka itu menjadi cara untuk menyembunyikan sebuah kesedihannya. 

Bahkan tidak sedikit yang berkata yang sama bahwa, dibalik canda tawa seseorang yang suka menghibur, terdapat kesedihan yang mendalam dalam diri dan hatinya.

Dilansir dari National Library of Medicine, tertawa merupakan sebuah rangsangan pendengaran yang dengan kuat menyampaikan emosi positif. 

Dalam penelitiannya untuk menyelidiki bagaimana tawa memengaruhi persepsi visual ekspresi wajah, dengan menghadirkan tawa dengan wajah netral atau sedih.

Anehnya, pada penelitiannya itu kerumunan wajah tawa, menghasilkan efek sebaliknya yang meningkatnya intensitas dari ekspresi sedih di kerumunan.

Makan tidak heran jika tertawa terbahak-bahak menjadi sebuah cara untuk seseorang melepaskan emosi dalam jiwanya.

2. Sering Tidur Pertanda Seseorang Sedang Merasakan Sedih

Tidur untuk mengalihkan kesedihan (UNSPLASH/hayley murray)

 

Orang-orang yang sering menghabiskan waktunya untuk tidur, tidak selalu karena pemalas. Namun, beberapa orang yang suka tidur bisa jadi sedang merasakan kesedihan.

Tidur sering kali menjadi kegiatan yang bisa dilakukan untuk menyibukkan diri dari kesedihan yang dirasakan. Kegiatan tersebut dianggap sebagian orang sangat ampuh untuk beristirahat dan meredakan emosi dan kesedihan yang lenyap bersamaan dengan lelapnya tidur.

3. Seseorang yang Mudah Menangis, Memiliki Hati yang Lembut

Orang Yang Mudah Menangis, Lembut Hatinya (UNSPLASH/fa barboza)

 

Sering kali kita melihat atau mungkin diri kita sendiri, terlalu gampang untuk menumpahkan tangisan dengan hal-hal yang sangat kecil. Hal tersebut dianggap menjadi tanda orang yang memiliki hati yang baik dan lembut.

Orang-orang yang sangat sensitif pada hal yang disangkutpautkan dengan perasaan, merupakan orang yang terbilang cukup lugu dengan memiliki harapan tentang dunia yang penuh cinta kasih dan damai tanpa adanya kesedihan.

4. Tidak Bisa Menangis Bukan Berarti Seseorang Itu Lemah

Tidak Menangis, Bukan Berarti Lemah (UNSPLASH/raychan)

 

Biasanya orang-orang yang sering mengekspresikan sedihnya dengan mengeluarkan emosi sedih sampai menangis. Namun, ada juga beberapa orang tidak bisa menangis untuk mengekspresikan kesedihan yang dirasakannya.

Beberapa orang menganggap orang yang tidak bisa menangis untuk mengekspresikan kesedihannya merupakan orang-orang yang butuh sekali bantuan dan seseorang yang dapat mereka percayai untuk dijadikan tempat berkeluh kesah.

5. Seseorang yang Mudah Melampiaskan Amarahnya, Menandakan Orang Itu Butuh Cinta

Orang Mudah Marah, Butuh Cinta (UNSPLASH/Julien I)

 

Kawula Muda, pasti lo pernah berada di situasi sebagai orang yang kena marah atau bahkan orang yang selalu mudah meluapkan amarahnya. 

Kondisi Psikologi ini merupakan representasi dari dirinya yang sangat membutuhkan dan mengharapkan kehadiran seseorang dalam hidupnya yang mampu saling memberikan cinta dan kasih sayangnya, untuk meredamkan semua amarahnya dan kembali melunak hatinya.

Kawula Muda, itulah gambaran kondisi psikologi seseorang yang dapat dilihat dari perilakunya, mungkin lo atau orang sekitar lo sering melihat atau merasakan salah satunya dari penjelasan di atas?

Berita Lainnya