Bukan JIS, Stadion Manahan Solo akan jadi Venue Piala Dunia U-17

Solo akan jadi sejarah nih

Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah (TWITTER/suporterfc)
Tue, 25 Jul 2023

Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI, memastikan pertandingan semifinal dan final Piala Dunia U-17 2023 akan diselenggarakan di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah.

Awalnya, pertandingan Piala Dunia U-17 yang akan dilaksanakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pada 10 November - 2 Desember 2023, Namun, terjadi bentrokan dengan jadwal konser Coldplay yang akan terselenggara pada 19 November mendatang.

Promotor berikan peringatan kepada calo tiket konser Coldplay di Jakarta pada 15 November 2023 (COLDPLAYINJAKARTA.COM)

 

Diketahui, PK Entertainment, pihak promotor konser Coldplay 2023 Jakarta itu, sudah terlebih dulu membuat pemakaian Stadion Gelora Bung Karno dari pra event sampai pasca event. 

Sebelum Stadion Manahan Solo diresmikan jadi venue Piala Dunia U-17, sempat dikabarkan bahwa di Jakarta International Stadium (JIS) digadang jadi tempat utama pertandingan kelas dunia tersebut akan dilangsungkan. Namun, Erick Thohir merasa perlu peninjauan lebih lanjut terkait lokasi JIS terkait kelayakannya sesuai dengan standardisasi FIFA. 

Dilansir melalui akun Twitter pribadi Erick Thohir, @erickthohir mengungkapkan bahwa, "Saya bersama Pak Basuki dan Pak Heru meninjau langsung kondisi Jakarta International Stadium. Masih ada hal yang perlu di perbaiki sebelum kita ajukan ke FIFA untuk venue Piala Dunia U-17," (04/07/2023).

"Kami hadir untuk mencari solusi dan memastikan JIS memenuhi Standard Internasional yang dibuat FIFA," lanjut Erick.

Erick Thohir dalam peninjauan Jakarta International Stadium (JIS) sebagai venue Piala Dunia U-17 (TWITTER/erickthohir)

 

Kota Solo akan menjadi tempat yang bersejarah. Selain menjadi hari pelaksanaan seleksi Timnas U-17 yang digelar di Stadion Sriwedari, Solo. Erick juga menyebutkan, Kota ini akan mencatat sejarah dengan menjadi venue semifinal dan final FIFA Piala Dunia U-17.

"Solo akan jadi tempat bersejarah! Hari ini seleksi Timnas U17 digelar di stadion bersejarah, Stadion Sriwedari, Solo. Solo juga akan mencatatkan sejarah dengan menjadi venue semifinal dan final FIFA World Cup U-17." ungkap Erick Thohir di Twitter pribadinya pada Minggu (23/07/2023).

Dalam waktu dekat, akan ada tim audit dari FIFA yang mengunjungi Stadion Manahan, Solo, untuk memastikan kembali kondisi venue untuk dilakukannya Piala Dunia U-17. 

Meskipun Stadion Manahan, Solo, akan menjadi venue semifinal dan final Piala Dunia U-17 2023, Erick masih menutup rapat pembicaraan mengenai stadion yang menjadi pembuka dan penutupan Piala Dunia U-17.

PSSI inspeksi Stadion Kapten I Wayan Dipta dan Stadion Manahan sebelum diinspeksi lebih lanjut oleh FIFA (TWITTER/updatebolabola)

 

"Saya belum bisa bicara opening ceremony dan closing. Tunggu seleksi lapangan dulu. Jangan buka dulu semuanya. Kalau untuk semi final, final, sudah diputuskan," ungkap Erick.

Diketahui juga, Gibran Rakabuming Raka selaku Wali Kota Solo sempat mengaku dirinya untuk mengusulkan kota Solo menjadi venue final dan closing ceremony Piala Dunia U-17, dengan alasan agar kota Solo mendapat bagian sebagai kota yang menggelar pertandingan paling bergengsi, Piala Dunia U-17.

"Dulu kan kita dapat jatah final dan closing ceremony U-20. Kita minta besok final dan closing ceremony U-17 juga bisa diadakan di sini lagi," ucap Gibran.

Berita Lainnya