5 Fakta Menarik Italia Vs Spanyol: Balas Dendam Manis Gli Azzurri

Kawula Muda, fakta paling menarik buat kalian yang mana?

Timnas Italia. (Twitter/Azzurri)
Wed, 07 Jul 2021

Timnas Italia memastikan tempat mereka di babak final Euro 2020. Italia menyingkirkan Spanyol di semifinal lewat drama adu penalti.

Asa Gli Azzurri untuk tetap bermain di Wembley melambung setelah Gianluigi Donnarumma menepis sepakan Alvaro Morata. Selanjutnya, Jorginho memastikan Italia lolos ke babak final melalui eksekusi tenangnya.

Sementara di waktu normal, Italia unggul terlebih dulu melalui aksi Frederico Chiesa di menit 60. Balasan Spanyol datang dari sundulan pemain pengganti, Alvaro Morata, di menit 80.

Kemenangan ini seakan membebaskan kutukan Italia yang sulit menang dari Spanyol di beberapa tahun terakhir. Kini skuad Roberto Mancini tinggal menunggu pemenang dari laga Inggris vs Denmark di hari Rabu (7/7/2021) waktu setempat.

Terdapat sejumlah fakta menarik dari laga Italia vs Spanyol. Berikut rangkuman 5 di antaranya.

5 Fakta Menarik Italia vs Spanyol

1. Italia kini telah mencapai final turnamen besar ke-10 mereka (Piala Dunia/Euro) - hanya Jerman (14) yang berpartisipasi dalam lebih banyak final turnamen besar di antara negara-negara Eropa daripada Italia (termasuk Euro 2020).

2. Italia menjadi tim kedua dalam sejarah Kejuaraan Eropa yang memiliki sebanyak lima pemain berbeda (Chiesa, Pessina, Insigne, Immobile & Locatelli) yang mencetak 2+ gol dalam satu edisi kompetisi, setelah Prancis pada 2000.

3. Italia & Spanyol telah bertemu sembilan kali sebelumnya dalam sejarah EURO/Piala Dunia, dengan Italia memenangkan empat pertandingan (D4 L1). Laga malam ini akan menjadikan Italia v Spanyol sebagai pertandingan yang paling sering dimainkan di antara negara-negara Eropa dalam sejarah turnamen besar (Piala Dunia/EURO).

4. Spanyol telah memenangkan empat dari lima adu penalti mereka di Kejuaraan Eropa, sementara Italia telah kehilangan tiga dari lima adu penalti mereka dalam kompetisi, termasuk satu melawan Spanyol di babak perempat final pada 2008 (2-4).

5. Spanyol gagal maju dari semifinal turnamen besar (Piala Dunia/Euro) untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka, setelah sebelumnya mencapai final di masing-masing dari lima penampilan semifinal sebelumnya.

Berita Lainnya