Cetak Sejarah! Indonesia Unggul Lawan Thailand di Piala AFF 2023

Lepas kutukan Indonesia kalah di kandang lawan!

Indonesia menang lawan Thailand di Semi Final Piala AFF 2023 (INSTAGRAM/timnas.indonesia)
Fri, 25 Aug 2023

Timnas Indonesia U-23 akhirnya menang di kandang Thailand selaku lawan dalam semi final Piala AFF 2023 pada Kamis (24/08/2023) dengan skor 3-1. Kemenangan Indonesia di Rayong Province Stadium ini menandakan sejarah baru pecah rekor selama 38 tahun untuk kembali menang dalam laga di kandang lawan. 

Diketahui, pada babak pertama pertandingan tersebut Garuda Muda Indonesia sempat unggul dua gol lebih dulu, yang dicetak oleh Jeam Kelly Sroyer dan Muhammad Ferrari. 

Namun, Thailand mengejar dengan satu skor melalui Chukid Wanpaphao. Kemudian, terjadi gol bunuh diri dari pemain Thailand, Natcha Promsomboon, sehingga menambah keunggulan bagi Indonesia menjadi tiga skor.

Indonesia menang lawan Thailand di Semi Final Piala AFF 2023 (INSTAGRAM/timnas.indonesia)

 

Melansir dari Antara, diketahui sejak 1977, Timnas Indonesia hanya mampu menciptakan sejarah dengan enam kali kemenangan atas Thailand, berbanding dengan 16 kemenangan yang diraih Timnas Thailand atas Indonesia.

Kemenangan Indonesia atas Thailand mayoritas tercatat di kandang sendiri atau kandang netral. Kutukan Timnas Indonesia yang tidak pernah menang atas Thailand di markas lawan sejak 1985 itu berakhir pupus pada tahun 2023, Indonesia berhasil kembali memenangkan laga yang berlangsung di kandang lawan.

Indonesia menang lawan Thailand di Semi Final Piala AFF 2023 (INSTAGRAM/timnas.indonesia)

 

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir merasa bangga dan berterima kasih kepada pemain dan seluruh pihak terkait yang telah mempersiapkan pertandingan dengan sangat baik.

"Alhamdulillah. Pemain tampil baik, rakyat berdoa, dan Allah pun beri jalan," ucap Erick.

Namun, Erick juga meminta kepada pemain dan semua pihak untuk tidak terlalu berbangga hati, karena Indonesia masih memiliki satu pertandingan final Piala AFF 2023 dan akan melawan Vietnam yang sebelumnya menang 4-1 atas Malaysia di pertandingan semi final Piala AFF 2023. 

Pertandingan Indonesia melawan Vietnam itu akan berlangsung pada Sabtu, 26 Agustus 2023 mendatang.

Berita Lainnya