Indonesia Gagal Juara Piala AFF, Shin Tae-yong Minta Maaf dan Salahkan Rumput Vietnam

Semangat terus, tim Garuda!

Timnas Indonesia terpaksa harus pulang lebih cepat setelah menerima kekalahan dari Vietnam (KOMPAS)
Tue, 10 Jan 2023


Kawula Muda, dengan berat hati, skuad Garuda harus menerima kekalahan dan tidak bisa melanjutkan ke babak final Piala AFF 2022 setelah kalah dengan skor 0-2 pada semifinal leg kedua melawan Vietnam

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong juga meminta maaf atas kekalahan pertandingan tersebut, Kawula Muda. Pertandingan yang dilaksanakan di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, pada Senin (09/01/2023) malam, sekaligus mengubur harapan Indonesia untuk meraih gelar juara Piala AFF 2022. Sementara itu, Vietnam berhasil melanjutkan perjuangan ke final Piala AFF 2022 berkat keunggulan agregat 2-0 atas Indonesia.

Kondisi Rumput Stadion My Dinh, Vietnam yang disalahkan Shin Tae-yong (PSSI)

Menurut Shin Tae-yong, masih ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk memajukan sepak bola Indonesia.

"Masih banyak pekerjaan yang harus kita lakukan untuk memajukan sepak bola Indonesia. Karena hasil ini, saya merasa sangat menyesal dan ingin meminta maaf kepada para penggemar Indonesia," kata Shin Tae-yong dalam sesi konferensi pers, seperti yang dikutip Kompas dari Zing News.

Dalam pernyataannya, Shin Tae-yong juga mengakui permainan apik Vietnam. Dia memuji kemampuan pasukan Park Hang-seo, pelatih Timnas Vietnam, yang mampu menjaga clean sheet hingga mencapai final Piala AFF 2022.

Lebih lanjut, Shin Tae-yong juga mengungkapkan alasan kekalahan skuad Garuda pada gelaran Piala AFF 2022 tersebut dikarenakan kualitas rumput yang jauh di bawah Gelora Bung Karno (GBK), Kawula Muda.

Shin Tae-yong menjelaskan anak asuhannya tidak terbiasa tampil di My Dinh yang kualitas rumputnya buruk. Di sisi lain, Vietnam diuntungkan karena terbiasa tampil di venue tersebut.

"Vietnam sudah terbiasa bermain di My Dinh Stadium, sedangkan kami masih asing," kata Shin Tae-yong dilansir Suara dari VOV, Selasa (10/01/2023).

"Pada gol pertama, penjaga gawang Nadeo salah menilai. Selain itu, kami tidak beradaptasi dengan baik hari ini,” lanjut pelatih Timnas Indonesia tersebut.

Tidak hanya itu, Shin Tae-yong juga mengklaim rumput di stadion My Dinh membuat anak-anak asuhannya tidak tampil maksimal di leg pertama. 

Berita Lainnya