FIFA Beri Sanksi Skorsing 90 Hari ke Luis Rubiales usai Cium Bibir Timnas Wanita

Jangan dicontoh, Kawula Muda!

Luis Rubiales selaku Presiden FA Spanyol (RFEF) menolak mengundurkan diri pada jabatannya (FIFA)
Mon, 28 Aug 2023

Fédération Internationale de Football Association (FIFA) memberikan sanksi skorsing atau menghentikan sementara Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol atau Real Federación Española de Fútbol (RFEF), Luis Rubiales untuk beraktivitas dengan semua yang berhubungan dengan sepak bola selama 90 hari.

Skorsing itu dilakukan akibat Luis Rubiales atas tindakannya mencium bibir Jennifer Hermoso selaku pemain timnas wanita Spanyol saat penyerahan medali Piala Dunia Wanita 2023 di Sydney, Australia pada Minggu, (20/08/2023).

Dilansir dari Goal, kejadian tersebut terjadi usai Timnas wanita Spanyol memenangkan trofi piala dunia pertama mereka dalam pertandingannya melawan Inggris dengan skor 1-0.

Aksi ini tentu menuai banyak kecaman sampai membuat Luis Rubiales tak lama membuat pernyataan permintaan maaf atas tindakannya yang kontroversinya itu dalam sebuah video yang diunggah di ESPN pada Senin, (21/08/2023).

Dilansir dari Kompas.TV, Luis Rubiales sempat melakukan penolakan untuk mengundurkan dirinya dengan mengatakan ciuman tersebut dilakukan, “bersama dan dengan persetujuan.”

Jennifer Hermoso pun membantah hal itu dengan mengatakan bahwa dirinya merasa rentan dan menjadi korban agresi, tindakan impulsive dan seksis yang tidak pada tempatnya dan dilakukan tanpa persetujuan.

Dilansir dari ESPN, FIFA pun mengeluarkan respons dengan memberikan sanksi skorsing untuk Luis Rubiales dari semua aktivitas yang berhubungan dengan sepak bola selama 90 hari di tingkat nasional dan internasional. Sesuai dengan yang tercantum dalam  pasal 51 Kode Disiplin FIFA (FDC).

“Skors ini, yang akan berlaku mulai hari ini, berlaku untuk periode awal selama 90 hari, sambil menunggu proses disipliner yang dibuka terhadap Tuan Luis Rubiales pada Kamis, 24 Agustus,” tulis pernyataan FIFA.

Presiden FA Spanyol Cium Jennifer Hermoso di Podium Medali Piala Dunia Wanita 2023 (TWITTER/siaranbolalive)

 

“Demikian pula, Ketua Komite Disiplin FIFA dan untuk menjaga, antara lain, hak-hak dasar pemain tim nasional Jennifer Hermoso dan ketertiban proses disipliner di hadapan badan disipliner ini, telah mengeluarkan dua arahan tambahan. (pasal 7 FDC) yang memerintahkan Luis Rubiales untuk menahan diri, melalui dirinya sendiri atau pihak ketiga, untuk menghubungi atau mencoba menghubungi pemain profesional tim sepak bola nasional Spanyol Nona Jennifer Hermoso atau lingkungan dekatnya,” tulis pernyataan FIFA.

"Demikian pula RFEF dan para pejabat atau pegawainya, baik langsung maupun melalui pihak ketiga, diperintahkan untuk tidak menghubungi pemain profesional timnas Spanyol Nona Jennifer Hermoso dan lingkungan dekatnya," lanjut pernyataan FIFA.

Selain itu, Pihak Uni Sepak Bola Eropa atau Union of European Football Associations (UEFA) diketahui belum memberikan tanggapannya terkait tindakan Luis Rubiales. Hal itu juga diduga karena Luis Rubiales merupakan salah satu wakil Presiden UEFA dan juga Komite Eksekutif UEFA.

Berita Lainnya