Format Baru Piala Dunia 2026 dari FIFA: Diikuti 48 Negara dalam 104 Pertandingan

Kira-kira siapa ya yang menang, Kawula Muda?

Ilustrasi trofi Piala Dunia (UNSPLASH/FAUZAN SAARI)
Wed, 15 Mar 2023


Organisasi sepakbola dunia FIFA mengonfirmasi format baru untuk Piala Dunia 2026. Selain dipastikan akan melakukan jumlah peserta hingga 48 negara, pertandingan Piala Dunia tersebut juga akan berlangsung sebanyak 104 kali dalam 39 hari, Kawula Muda!

Ilustrasi trofi Piala Dunia (UNSPLASH/RHETT LEWIS)

  

Adapun ke-48 negara tersebut akan terbagi menjadi 12 grup dengan masing-masing berisi 4 tim. Setelah babak pertama selesai, maka mereka akan memasuki babak 32 besar. 

Tim yang masuk ke babak tersebut adalah dua negara teratas dari masing-masing grup. Kemudian, delapan tim yang berada di peringkat ketiga terbaik akan juga lolos ke babak 32 besar.

“Komitmen FIFA sepakat menerima proposal perubahan format kompetisi Piala Dunia 2026 dari 16 grup berisikan tiga pertandingan menjadi 12 grup berisikan empat tim dengan dua tim teratas serta delapan peringkat ketiga terbaik lolos ke babak 32 besar,” tutur FIFA dalam pernyataan resmi seperti dikutip dari Antara, Rabu (15/03/2023). 

Lebih lanjut, format ini disebut dapat memastikan semua tim akan bermain minimal tiga laga, serta memberikan waktu istirahat yang cukup untuk seluruh peserta. 

Adapun jika dihitung hingga babak final, akan terdapat 104 laga dengan rincian 72 pertandingan di babak pertama, 16 pertandingan di babak 32 besar, 8 pertandingan di babak 16 besar, 4 pertandingan di babak 8 besar, 2 pertandingan di semifinal, 1 pertandingan perebutan juara tiga, dan 1 pertandingan perebutan juara Piala Dunia 2026. 

Ini adalah pertama kalinya FIFA menyelenggarakan format sebanyak 48 tim. Semenjak Piala Dunia 1998, FIFA terus menggunakan format 32 tim hingga Piala Dunia 2022 lalu, Kawula Muda!

Tak hanya menorehkan sejarah sebagai Piala Dunia dengan format 48 tim, gelaran kali ini juga menjadi yang pertama kali diselenggarakan di tiga negara. Ketiga negara tersebut yakni Meksiko, Kanada, dan Amerika Serikat. 

Meksiko dan Kanada akan menjadi tuan rumah dari 10 pertandingan dan 60 pertandingan lainnya digelar di Amerika dengan memakai 11 stadion.

Di Meksiko, kota yang dipilih ialah Mexico City, Guadalajara, dan Monterrey. Di sisi lain, kota Vancouver, Kanada, akan menjadi tuan rumah untuk Piala Dunia 2026.

Sementara itu, 11 kota Amerika Serikat yang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026 adalah Seattle, San Francisco, Kansas City, Dallas, Atlanta, Los Angeles, Houston, Boston, Philadelphia, Miami, dan New York/New Jersey.

Berita Lainnya