Kalah dari Jepang, Timnas Indonesia Masih Bisa Lolos Babak 16 Besar, ini Syaratnya!

Optimis Timnas Indonesia bisa lolos!

Syarat Timnas Indonesia bisa lolos babak 16 besar Piala Asia 2023 (PSSI)
Thu, 25 Jan 2024

Timnas Indonesia masih berpeluang lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 meskipun kalah dari Jepang.

Kekalahan 1-3 dari Jepang pada laga pamungkas Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama, Doha, Rabu (24/1/2024), belum menutup langkah Indonesia.

Kekalahan tersebut bikin Timnas Indonesia gagal mendapatkan poin penuh, sementara agregat gol makin parah, kini jadi -3.

Timnas Indonesia saat ini masih menempati posisi 4 untuk rangking 3 terbaik.

Skuad Merah Putih memang masih memiliki peluang, tetapi ada beberapa syarat yang memang harus dipenuhi.

Syaratnya, Timnas Indonesia harus berharap kepada hasil-hasil pertandingan dari Grup E dan Grup F untuk menyegel tiket ke babak 16 besar.

Syarat pertama adalah Yordania harus mengalahkan Bahrain minimal 2-0 pada laga Grup E. Jika ini terjadi, Indonesia dan Bahrain sama-sama mengumpulkan nilai 3 dengan selisih gol -3, tetapi Indonesia akan unggul produktivitas gol.

Timnas Indonesia Dikalahkan Jepang 1-3 di Piala Asia 2023 (Reuters)

Syarat yang kedua, Jika Bahrain mencetak gol, Yordania harus menang dengan selisih minimal tiga gol. Indonesia akan lolos karena selisih gol Bahrain -4 atau lebih.

Sedangkan untuk syarat ketiga, Oman harus kalah dari Kirgistan minimal 0-1. Nantinya, nilai Indonesia akan sama dengan Kirgistan, juga dengan selisih gol sama -3, tapi unggul dalam produktivitas gol.

Syarat terakhir, Kirgistan harus menahan imbang Oman. Ini membuat Indonesia mengungguli poin Oman yang akan finis ketiga di Grup F dengan nilai dua.

Syarat tersebut harus terwujud agar Timnas Indonesia bisa memutus rekor buruk selalu gagal lolos di fase babak grup Piala Asia, dari empat edisi yang pernah diikuti, yakni tahun 1996, 2000, 2004, dan 2007.


Mari kita doakan skuad Garuda agar bisa lolos babak 16 besar Piala Asia 2023, Kawula Muda.

Berita Lainnya