Kalah dari Irak di Piala Asia 2023, Timnas Indonesia Resmi Ajukan Protes ke AFC

Menurut lo golnya sah ga Kawula Muda?

Indonesia vs Irak di Piala Asia 2023 (PSSI)
Tue, 16 Jan 2024


Timnas Indonesia takluk 1-3 dari Irak di laga pembuka Piala Asia 2023, Senin (15/1/2024), kekalahan tersebut membuat Indonesia gagal mendulang poin di laga pertama, Kawula Muda.

Pada laga tersebut, sempat terjadi keputusan kontroversial yang dikeluarkan oleh wasit Tantashev Ilgiz.

Berawal dari gol kedua Irak yang dicetak Osama Rashid (45+7’). Gol ini kemudian memicu kontroversi, lantaran dalam prosesnya diduga telah offside, namun VAR mengesahkan gol tersebut.

Manajer Timnas Indonesia, Endri Erawan mengatakan pihaknya langsung melayangkan protes ke Konfederasi Sepakbola Asia (AFC), terkait disahkannya gol kedua Irak.

"Setelah pertandingan, kita resmi protes keras kepada AFC terkait disahkannya gol kedua Irak. Kita sudah resmi melayangkan form protes dan diserahkan langsung ke match commissioner seusai pertandingan," ujar Endri.

Lebih lanjut, Edri berharap dengan adanya protes ini bisa mengevaluasi kinerja wasit agar lebih baik di pertandingan selanjutnya.

Indonesia vs Irak di Piala Asia 2023 (Goal)

"Kita tahu protes ini tidak akan mengubah hasil pertandingan, tapi setidaknya untuk pertandingan-pertandingan selanjutnya perangkat pertandingan bisa lebih baik lagi dalam mengambil keputusan," lanjutnya.

Irak lebih dulu unggul di menit ke-17 melalui aksi Mohanad Ali, namun 20 menit berselang pasukan Garuda mampu merespons dengan baik lewat sentuhan Marselino Ferdinan, sebelum akhirnya keadaan berbalik lewat gol kontroversi Osama Rashid di menit 45+7’.

Adapun gol ketiga Irak dicetak pada menit ke-75, oleh Aymen Hussein, yang melepaskan tembakan keras ke gawang Indonesia.

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia menjadi juru kunci di klasemen sementara Grup D dengan tanpa poin dan minus dua gol.

Sedangkan untuk Irak, kemenangan atas Indonesia membuat mereka berada di posisi kedua dengan poin yang sama dengan Jepang, yaitu 3 poin.

Selanjutnya, Timnas Indonesia akan melakoni pertandingan melawan Vietnam dalam matchday kedua fase Grup D Piala Asia 2023.

Laga timnas Indonesia vs Vietnam dijadwalkan berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa pada Jumat (19/1/2024) malam WIB.

Harapannya, laga tersebut bisa menjaga asa Timnas Indonesia untuk tetap terus berjuang lolos fase grup di Piala Asia 2023.

Berita Lainnya