Pesilat Indonesia WO dari SEA Games 2023 Ternyata Kesepakatan?

menariq...

Bayu Lesmana dapat medali perak Sea Games 2023 karena WO saat final pencak silat (INSTAGRAM/SILAT.INDONESIA)
Fri, 12 May 2023


Atlet silat asal Indonesia yang bertanding di SEA Games 2023, Bayu Lesmana, walk out (WO) di babak final pertandingan tersebut pada Rabu (10/05/2023). Namun, perwakilan kelas U45 putra tersebut dikabarkan ‘terpaksa’ muncul karena sebuah kesepakatan, Kawula Muda!

Di sisi lain, atlet pencak silat asal Kamboja, Non Sromoachkroham, mendapat medali emas pertandingan tersebut tanpa bertanding di laga semi final dan final. Karena pertandingan hanya diikuti oleh empat peserta, dapat disimpulkan sang atlet Kamboja tidak pernah bertanding sama sekali. 

Bayu Lesmana WO dari final Sea Games 2023 Kamboja (INSTAGRAM/I.PARAMOUR)

 

Menanggapi hal tersebut, kepala pelatih silat, Indro Catur, angkat suara. Mengutip Antara, memang terjadi kesepakatan di belakang untuk tetap memenangkan Kamboja pada pertandingan tersebut. 

Sebelumnya, kelas tanding U45 putra kategori pencak silat pada awalnya tidak dipertandingkan di SEA Games 2023. Hal itu dikarenakan kurangnya peserta. 

Namun, berkat lobi-lobi yang dilakukan, pertandingan tersebut tetap dipertandingkan, walau hanya diikuti oleh empat peserta. Perwakilan Indonesia, Singapura, Kamboja, dan Malaysia pun menjalani pertandingan tersebut dengan sistem gugur. 

Pada tahap pertama saja (disebut semifinal karena hanya terdiri atas empat peserta), wakil Malaysia langsung mundur dengan keterangan walk out (WO). 

Akan hal tersebut, Indro menyatakan bahwa pihaknya menerima kemenangan Kamboja tersebut. Ia turut menyebut Bayu menjadi sosok yang berkorban untuk pencak silat dan tim Indonesia. 

“Bayu bukan dikorbankan, tetapi pengorbanan dia untuk pencak silat dan tim Indonesia," ujarnya lagi. "Kalau kami memaksakan kemarin, kelasnya tidak dipertandingkan.”

Indonesia memang telah melakukan kerja sama pertukaran ilmu dengan Kamboja. Pertukaran tersebut yakni pencak silat dari Indonesia dan kun bokator yang merupakan bela diri tradisional asal Kamboja. 

Walau gagal meraih emas pada kelas pencak silat tersebut, tim Indonesia tetap menjadi juara umum di pencak silat SEA Games 2023. Secara total, terdapat 9 medali emas, 6 perak, dan 1 perunggu yang dikumpulkan oleh para pesilat Indonesia. 

Berita Lainnya