Timnas Valorant Indonesia Raih Emas SEA Games 2023, Bagi Dua dengan Singapura!

Tapi kan Singapura curang…

Timnas Indonesia untuk esport Valorant menangkan medali emas di Sea Games 2023 (INSTAGRAM/PBESI)
Thu, 11 May 2023

Tim nasional (timnas) Indonesia untuk kategori Esport Valorant memenangkan medali emas di SEA Games 2023. Namun, medali tersebut harus juga didapatkan oleh tim nasional Singapura walau telah melakukan kecurangan.

“Setelah melakukan proses yang sangat panjang, pihak dari atas-atasan memberikan emas untuk Indonesia,” tulis unggahan salah satu brand ambassador Esport SEA Games 2023, Valezka. 

Timnas Indonesia menangkan medali emas untuk esport Valorant di Sea Games 2023 (INSTAGRAM/BTR_VALEZKA)

 

Lebih lanjut, pemilik akun Instagram @btr_valezka tersebut menjelaskan bahwa keputusan akhir yang diberikan adalah memberi dua medali emas. Satu untuk Indonesia sedangkan emas lainnya untuk Singapura. “Jadi untuk Valorant ada 2 emas yaitu Indonesia dan Singapura.”

Sebelumnya, timnas Valorant Indonesia memutuskan walk out dari pertandingan final Esport SEA Games 2023 Kamboja. Adapun hal ini dikarenakan tidak adanya hukuman kepada tim Singapura yang terbukti melakukan kecurangan dengan memanfaatkan ‘Bug Cyper’. Dengan bug abuse tersebut, maka timnas Singapura dapat mengetahui pergerakan dan posisi timnas Indonesia. Hal ini pun telah dikomplain oleh pihak timnas Indonesia selama berkali-kali selama pertandingan kepada wasit melalui Discord. Namun, keluhan itu tidak kunjung ditanggapi.

“Atlet Valorant sudah komplain berkali-kali melalui Discord kepada wasit tentang adanya kecurangan dari Timnas Singapura, tetapi wasitnya dari Kamboja pura-pura b**o dan tidak meladen. Pas mengajukan technical pause, baru deh wasinya pura-pura mengetahui," tulisnya pada unggahan Kamis (11/05/2023) mengutip Liputan 6.

Sekretaris Jenderal PBESI Frengky Ong lewat Instagram Story-nya menyebut Singapura terbukti melakukan 6 kali bug abuse di pertandingan yang berlangsung pada Rabu (10/05/2023) tersebut. Namun, panitia menilai hal tersebut adalah hal sepele. Karena itulah, tim Indonesia melakukan walk out dari pertandingan. 

“Wasit, TD, dan panitia dari VIRESA-Vietnam sangat memihak Singapura, walau terbukti melakukan 6 kali bug abuse di pertandingan. Panitia menilai, bug abuse/digital doping adalah pelanggaran sepele," tambahnya.

Sebagai informasi, Indonesia kini berada di peringkat 4 Sea Games 2023 dengan total 128 medali. Peringkat tersebut didapat dari perolehan 39 medali emas, 32 medali perak, dan 57 medali perunggu.

Berita Lainnya