Viktor Axelsen Mengaku Belum Menerima Hadiah Indonesia Open 2023

Viktor Axelsen menyatakan belum menerima hadiah kejuaraan Indonesia Open 2023 di akun Twitternya

Viktor Axelsen, Pebulu Tangkis Denmark Menjadi Peringkat 1 di Indonesia Open 2023 (INSTAGRAM/pbsibadminton.ina))
Thu, 13 Jul 2023

Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) membuka suaranya mengenai Viktor Axelsen yang mengklaim belum menerima hadiah Indonesia Open 2023 yang diselenggarakan pada 13 Juni hingga 18 Juni Lalu.

Sebelumnya, Viktor Axelsen yang merupakan pemain bulu tangkis asal Denmark itu membuat pengakuannya mengenai, dirinya yang belum menerima hadiah sebagai juara Indonesia Open 2023. 

Sebagai informasi, dalam babak final Viktor Axelsen melawan Anthony Ginting di kategori Tunggal Putra dan mampu memenangkan laganya dengan skor 21–14 dan 21–13.

Viktor Axelsen dan Anthony Ginting (INSTAGRAM/viktoraxelson)

 

Pengakuannya tersebut diungkapkan melalui cuitan di akun Twitternya pada hari Rabu (12/07/2023).

"Ironisnya kami masih belum menerima hadiah uang dari Indonesia yang seharusnya sudah masuk ke rekening pemain. Oh ironis! Saya akan kabari Anda bagaimana kelanjutannya,” ungkap Viktor Axelsen.

Ia juga menyampaikan bahwa Badminton World Federation (BWF), turut menjatuhkan sebuah denda kepada dirinya, akibat absen pada Singapore Open 2023, yang di selenggarakan pada 6 Juni – 11 Juni 2023.

Viktor Axelsen menyampaikan dalam Twitternya, “BWF ingin mendenda saya sebesar 5.000 dolar karena tidak hadir di Singapore Open selama dua hari ketika saya sedang melakukan rehabilitasi cedera otot saya untuk bersiap menghadapi Indonesia Open."

"Sebagai permulaan, dengan tiket pesawat, hotel dan penerbangan pulang, ditambah lagi dengan tidak dapat melakukan rehabilitasi dan latihan yang tepat untuk bersiap menghadapi event level (Super) 1000 mereka," lanjut Viktor Axelson.

Sebelumnya Viktor Axelsen memang tidak hadir dalam Singapore Open 2023 karena harus menjalani proses pemulihan dari cedera sebelum bertanding di Indonesia Open 2023. 

Namun, BWF tidak mempertimbangkan kondisi Axelson tersebut, dan memilih menjatuhkan denda sebesar 5000 Dolar AS atau sekitar Rp 74,8 Juta kepada Axelsen yang notabene memiliki label top committed players.

Tanggapan PBSI atas Hadiah Viktor Axelsen yang Belum Diterima

Atas pernyataan dari Axelsen, PBSI angkat bicara dan mengklaim pihaknya sudah melakukan tugas untuk memberikan hadiah kepada para pemenang Indonesia Open 2023.

Dilansir dari Kompas.com, Broto Happy selaku Kabid Humas dan Media Pengurus Pusat PBSI mengungkapkan, “Panitia penyelenggara Kapal Api Group Indonesia Open 2023 lewat PP PBSI per tanggal 5 Juli 2023 sudah mentransfer prize money pemenang ke BWF. Dan BWF sudah mengkonfirmasi telah menerima transfer tersebut.”

Namun, hingga saat ini belum ada kabar terbaru lagi, baik dari pihak BWF world Tour dan juga Viktor Axelsen.

Sementara itu, Indonesia Open 2023 yang jadi bagian dari turnamen BWF World Tour Super 1000 menyediakan total hadiah uang sebesar 1,25 juta Dolar AS atau setara sekitar Rp 18 Miliar.

Viktor Axelsen yang meraih medali juara kategori Tunggal Putra itu, berhak menerima hadiah uang sebesar 87.500 Dolar AS atau sekitar Rp 1,2 Miliar. 

Berita Lainnya