15 Monyet Berujung Mati, Uji Coba Chip Neuralink Elon Musk Belum Siap

Kasian banget yaa monyet-monyetnya.

Ilustrasi Monyet (UNPLASH)
Mon, 14 Feb 2022

Rencana Elon Musk yang akan memulai uji coba chip otak Neuralink di manusia pada tahun ini, ternyata belum siap. Sayangnya, monyet-monyet yang diuji coba tidak membuahkan hasil.

"Faktanya hampir setiap monyet yang dipasang implan di kepalanya menderita efek kesehatan yang negatif," tutur direktur advokasi penelitian PCRM Jeremy Beckham.

Ilustrasi Monyet (UNPLASH)

 

Jeremy juga mengatakan, secara tak langsung Neuralink yang dipasang hanya melukai dan membunuh hewan-hewan tersebut.

Chip Neuralink memang ditanamkan dengan cara mengebor lubang ke tengkorak monyet. Alhasil, efek sampingnya justru mengerikan. Kulit dari hewan itu mengalami infeksi kulit berdarah dan akibatnya mereka harus mengakhiri hidupnya untuk menghilangkan rasa sakit.

Monyet lainnya ditemukan dengan jari dan kaki yang hilang. "Mungkin hasil dari mutilasi diri atau trauma lain," jelas Jeremy.

Kemudian ada juga monyet-monyet muntah setelah operasi. Beberapa lainnya pingsan karena kelelahan dan mati. Hasil autopsi menemukan bahwa mereka menderita pendarahan otak.

Secara signifikan, implan yang sangat invasif dan perangkat keras yang dimasukkan ke dalam otak dengan cara di bor membahayakan mereka.

PCRM telah mengajukan pengaduan ke Departemen Pertanian AS dengan tuduhan penggunaan Neuralink dan sembilan pelanggaran Undang-undang Kesejahteraan Hewan.

"Mayoritas monyet kami mengalami penderitaan ekstrem. Penyebabnya, selain perawatan yang tidak memadai, juga karena implan yang terus menerus dalam percobaan," tulis pengaduan itu.

Juru bicara kampus yang meneliti monyet-monyet itu membuka suara. Mereka mengatakan akan bertanggungjawab merawat para hewan.

"Penelitian terhadap hewan diatur secara ketat, dan kami mengikuti semua hukum dan peraturan yang berlaku dari Departemen Pertanian AS," tutur juru bicara kampus.

Chip Neuralink kabarnya diciptakan untuk meningkatkan kecepatan aliran informasi dari otak manusia ke mesin. Di mana chip ini dapat membantu manusia menggerakkan mesin hanya dengan memikirkannya tanpa adanya sentuhan.

Selain itu kabarnya, chip ini dapat menyembuhkan sejumlah penyakit saraf seperti Alzheimer dan Parkinson.

Berita Lainnya