Apa Itu Truth Social yang Ramai Digunakan sebagai Pengganti Twitter?

Pengguna Twitter banyak yang pindah ke Truth Social.

Truth Social (TRUTH SOCIAL)
Mon, 03 Jul 2023

Trump Media & Technology Group (TMTG) meluncurkan platform media sosial baru bernama Truth Social. Sosial media yang disponsori oleh Donald Trump ini jadi solusi alternatif para pengguna Twitter yang mencari sosial media serupa untuk berinteraksi di dunia maya.

Nama Truth Social melejit usai Elon Musk selaku pemilik Twitter, membuat pembatasan sementara dalam membaca unggahan atau tweet harian di lini masa Twitter.

Elon menjelaskan, akun yang terverifikasi akan dibatasi untuk membaca maksimal 6000 unggahan dan naik menjadi 10.000 tweet per hari. Sementara, akun yang belum terverifikasi akan dibatasi untuk membaca maksimal 600 dan naik menjadi 1000 tweet per hari. Serta untuk akun baru yang belum diverifikasi hanya akan bisa membaca maksimal 300-500 tweet per hari.



Pembatasan pembacaan unggahan di Twitter itu, menimbulkan banyak reaksi negatif, yang diduga adanya bisnis dalam berjalannya platform Twitter tersebut.

Maka dari itu, terdapat kemungkinan banyak yang akan pindah dari Twitter ke platform media sosial serupa seperti, Truth Social, untuk berinteraksi secara bebas.

Truth Social ini memberikan kebebasan berbicara kepada para penggunanya tanpa adanya sensor atau pembatasan. Hal ini berangkat dari Trump yang pernah diblokir dari beberapa sosial media terkait kontennya.

Trump juga banyak memberikan kritikan pada platform media sosial yang sering memblokir dan menyensor konten yang dianggap tidak sesuai dalam pandangan politiknya.

TMTG juga berniat untuk meluncurkan aplikasi berita dan pemilihan politik bernama Trump News dan Trump’s Own Media Channel.

Truth Social, pada walau hanya tersedia di Amerika Serikat di App Store. Kini, TMTG telah menghadirkan Truth Social ke negara lain termasuk Indonesia dan dapat di download melalui App Store dan Play Store. 

Memiliki fitur mirip dengan Twitter. Truth Social juga menyediakan fitur Direct Message, yang mampu membuat pengguna berkomunikasi secara pribadi tanpa dilihat oleh pengguna lain di lini masa.

Cara Mendaftar Platform Truth Social

1. Buka situs Truthsocial.com

2. Klik Create An Account

3. Masukkan tanggal lahir (minimal 18 tahun)

4. Masukkan Email dan lakukan verifikasi email.

5. Masukkan No. Telepon dan verifikasi dengan 6 digit kode.

6. Buat kata sandi

7. Buat nama pengguna Truth Social

8. Selanjutnya atur nama tampilan, foto profil dan cover profile page

Gimana, Kawula Muda? Lo tertarik sign up ke Truth Social enggak?

Berita Lainnya