Biaya Produksi iPhone 14 Pro Max Ternyata Cuma Rp 7 Jutaan, Dijual Rp 22 Juta!

Duh, beda jauh banget ya, Kawula Muda..

Biaya produksi iPhone 14 Pro Max ternyata hanya Rp 7 jutaan saja (APPLE)
Thu, 16 Feb 2023

Kawula Muda,  iPhone 14 Pro Max menjadi iPhone versi paling mahal yang dirilis Apple tahun lalu. Di Indonesia sendiri, harga iPhone 14 Pro Max dibanderol dengan harga paling murah mulai Rp 21,9 juta atau nyaris Rp 22 juta.

Dengan harga yang fantastis, Apple memang menawarkan fitur yang semakin menjanjikan. Namun, Kawula Muda bisa menebak kah, berapa harga produksi iPhone 14 Pro Max? Ternyata, biaya pembuatan atau biaya produksi iPhone 14 Pro Max ini jauh lebih sedikit ketimbang harga jualnya, loh. 

Biaya produksi iPhone 14 Pro Max pecahkan rekor di harga Rp 7 jutaan (APPLE)

Lembaga riset Counterpoint Research mengestimasi biaya yang dibutuhkan oleh Apple untuk membuat satu unit iPhone 14 Pro Max berkapasitas 128 GB berkisar di harga 464 Dolar AS atau sekitar Rp 7 jutaan saja, loh.

Meski begitu, perlu dicatat bahwa ini baru biaya material ya, Kawula Muda! Belum termasuk distribusi, pengemasan, pengembangan dan riset, serta biaya lainnya.

Meski biaya produksi iPhone 14 Pro Max masih dibilang ‘murah’ karena jauh dari harga jualnya, rupanya biaya tersebut memecahkan rekor sebagai salah satu yang termahal bagi Apple, loh.

Counterpoint mengatakan, biaya produksi iPhone 14 Pro Max naik 3,4 persen dari iPhone 13 Pro Max. Komponen yang paling bertanggung jawab atas pembengkakan biaya produksi iPhone 14 Pro Max ini adalah kamera 48MP yang sebelumnya 12MP. Tidak hanya itu, layar yang mendukung always-on-display (AOD) juga ikut serta menaikkan biaya produksi iPhone 14 Pro Max, Kawula Muda.

Faktanya, kenaikan biaya produksi ini belum seberapa dibanding kenaikan biaya produksi iPhone 11 ke iPhone 12, ketika 5G pertama kali diadopsi.

Komponen buatan Apple juga meningkat di iPhone 14 Pro Max dibandingkan generasi sebelumnya, nih. Hal tersebut mencatat 22 persen dari total BoM (bills of material) yang termasuk prosesor A16 Bionic (mengambil biaya 20 persen), beserta cip PMIC, audio, dan konektivitas.

Meski secara keseluruhan terjadi peningkatan biaya produksi produk Apple dari tahun ke tahun, salah satu dari sedikit area yang mengalami penurunan biaya adalah grup seluler yang mengalami penurunan dari total produksi, yakni dari 14 persen menjadi 13 persen.

Salah satunya adalah penurunan harga untuk komponen 5G, pasalnya kini teknologi 5G sudah jadi lebih populer dan massal di kalangan produsen.

Ternyata, biaya produksi iPhone 14 Pro Max hanya sekitar Rp 7 jutaan saja dengan harga jual yang fantastis. Menurut lo, harga iPhone 14 Pro Max kemahalan enggak, sih?

Berita Lainnya