Dogecoin Melambung Setelah Elon Musk Mengumumkan Dapat Digunakan untuk Membeli Merchandise Tesla

Kawula Muda, pengumuman itu datang hanya satu hari setelah Musk dinobatkan sebagai Person of the Year Majalah Time.

CEO Tesla - Elon Musk. (GettyImages/Britts Pedersen)
Mon, 17 Jan 2022

Produsen mobil listrik raksasa dunia Tesla, di bawah bos Elon Musk mengumumkan kalau pihaknya telah membuka transaksi menggunakan uang kripto Dogecoin. Dengan begitu, pembeli bisa melakukan transaksi di Tesla menggunakan cryptocurrency dengan logo anjing Shiba Inu tersebut. 

Keputusan tersebut diumumkan Musk lewat akun Twitter resminya, akhir pekan lalu (14/01/2022).

"Tesla akan membuat beberapa merchandise yang dapat dibeli dengan Dogecoin. Lihat bagaimana kelanjutannya," kata pendiri Tesla yang juga orang terkaya di dunia, Elon Musk, dikutip Reuters pada Selasa (14/01/2022).

Berita tersebut langsung membuat nilai Dogecoin sempat mengalami lonjakan hingga 15 persen dalam sehari. Bahkan, melansir katadata.co.id, Minggu (16/01/2022), pergerakan harga Dogecoin masih mengalami kenaikan hingga 18,6 persen ke level 0,18 dolar Amerika per DOGE.

Tidak hanya harga Dogecoin yang melambung, kapitalisasi pasarnya juga meningkat menjadi 23,9 miliar dolar Amerika. Sampai berita ini ditulis, DOGE masuk dalam urutan ke-11 sebagai koin kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar di dunia.

Ilustrasi Dogecoin. (GettyImages/Yuriko Nakao)

 

Sementara itu, Musk tidak merinci jenis merchandise seperti apa yang dapat dibeli dengan Dogecoin. Namun, Tesla telah menjual sejumlah merchandise resmi seperti pakaian, ikat pinggang, dan model mini produk kendaraannya seperti 'Cyberwhistle', yang meniru model Cybertruck Tesla.

Baru-baru ini, Tesla juga meluncurkan kendaraan quad bernama 'Cyberquad' untuk anak-anak. Tesla membanderol sejumlah merchandise mulai dari 50 hingga 1,900 dolar Amerika Serikat.

Sebagai pendukung uang kripto, Musk juga memberi dukungannya terhadap Dogecoin dengan menyatakan Dogecoin sebagai uang kripto terbaik untuk transaksi.

Pernyataan itu terakhir kali dilontarkan Musk saat ia diwawancara Majalah Time, yang menobatkannya sebagai “Person of the Year” untuk 2021, pada Senin (13/12/2021).

Berita Lainnya