Elon Musk Dapat Izin Tanam Chip di Otak Manusia, Untuk Apa?

Perusahaan Elon Musk, diberi izin FDA tanam Chip di Otak Manusia.

Elon Musk (THE NEW YORK TIMES)
Tue, 30 May 2023

Food and Drugs Administration (FDA), Amerika Serikat (AS) telah memberikan izin kepada Neuralink, perusahaan milik Elon Musk. Izin tersebut, merupakan kegiatan uji coba studi klinis penanaman komputer mikro atau chip ke otak manusia.

Uji coba penanam chip pertama pada otak manusia dari Neuralink bertujuan, ingin membantu mengembalikan penglihatan dan membantu orang mengontrol otot dengan memanfaatkan perangkat digital. Sehingga teknologi Neuralink mampu membantu orang banyak. Namun, belum diketahui secara pasti kapan Neuralink akan melakukan uji coba tersebut.

Pihak FDA AS telah membenarkan pengumuman yang dibuat oleh Neuralink melalui akun resmi Twitternya pada Jumat, 26 Mei 2023, yang sebelumnya FDA menentang Neuralink mengenai keamanan sehingga beberapa karyawan dan mantan karyawan Neuralink membocorkan informasi uji coba tanam chip tersebut kepada Reuters.

Neuralink juga diperingati oleh para ahli, perlunya pengujian ekstensif terhadap chip otak tersebut, untuk mengatasi kendala teknis yang mungkin saja bisa muncul.

Chip yang dibuat oleh Neuralink sudah melakukan uji coba pada hewan yaitu monyet. Teknologi ini dibangun guna menghubungkan sinyal yang diproduksi pada otak dan menyalurkan informasi ke perangkat digital melalui koneksi dari Bluetooth.

Neuralink juga mengumumkan untuk membuka pendaftaran relawan yang ingin ikut serta dalam uji coba tanam chip di otak, dan Neuralink memberikan jaminan yang menjanjikan akan keselamatan, aksesibilitas, dan keandalan selama proses uji coba rekayasa.

Berita Lainnya